Pemkab Pringsewu Gelar Semarak Santri Expo 2024

img
Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ganjar Jationo disampingi Sekdakab Pringsewu Heri Iswahyudi meninjau stan Semarak Santri Expo 2024. Foto. Sulistyo.

MOMENTUM, Pringsewu -- Hari Santri Nasional (HSN) 2024 di Kabupaten Pringsewu digelar dengan kemasan  Semarak Santri Expo 2024. Berlangsung sepekan, 13-19 Oktober 2024 di lapangan pemkab setempat, berisikan bazar UMKM serta kuliner.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi mewakili Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan, meresmikan Semarak Santri Expo 2024 pada Ahad (13/10/2024) malam.

Menurutnya, Santri Expo bukan sekadar pasar tradisional biasa, melainkan menjadi wadah untuk keberagaman produk lokal, dari kuliner hingga kerajinan tangan yang sarat akan nilai kearifan lokal. 

"Di event ini para santri dan masyarakat berkolaborasi dalam menciptakan suasana yang penuh kehangatan, di mana perdagangan bukan hanya sekadar transaksi, melainkan sebagai sarana mempererat tali silaturahmi, sehingga masyarakat luas dapat merasakan dan ikut memeriahkan Hari Santri Nasional," ujarnya. 

Heri Iswahyudi menuturkan, HSN merupakan momentum yang sangat istimewa bagi seluruh umat Islam di Indonesia, tak terkecuali di kalangan Nahdlatul Ulama Kabupaten Pringsewu."Semangat peringatan HSN tidak hanya dirayakan dengan doa-doa dan pembacaan kitab suci, tetapi juga dengan semangat kreatifitas dan kebersamaan melalui Santri Expo serta berbagai kegiatan Islami,"imbuhnya.

Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ganjar Jationo yang turut menghadiri kegiatan tersebut mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung Semarak Santri Expo 2024 dalam bentuk bazar UMKM dan kuliner. 

Menurut Ganjar, pada acara yang dihadiri jajaran pemerintah daerah, DPRD dan forkopimda serta tokoh agama setempat, selain dapat memajukan UMKM, kegiatan ini juga dapat memberdayakan sekaligus meningkatkan  ekonomi masyarakat. 

Ketua Panitia Pelaksana Semarak Santri Expo Pringsewu 2024 Ari Setiawan mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 80 stan. Selain bazar UMKM dan kuliner, kegiatan lain dalam rangka peringatan HSN 2024 adalah Lomba Kaligrafi, Lomba Adzan, Lomba Nasyid, Lomba Konten Video Islami, Lomba Desain Poster Islami, Lomba Mewarnai, Lomba Panco Santri, Lomba Fashion Show Islami, dan Lomba Make-up Islami.

Sedang Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Siaran Pemerintah Daerah (Rapemda) Pringsewu 107.2 FM merupakan salah satu official media dan pendukung event tahunan tersebut. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos