Pesawaran Gelar Orientasi PTK PAUD

img
Bupati Pesawan Dendi Romadhona memberikan sambutan pada kegiatan orientasi PTK PAUD di Kecamatan Negerikaton.Foto:Humas

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran menggelar orientasi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) pendidikan anak usia dini (PAUD) di tiga kecamatan daerah setempat.


"Saya sangat mengapresiasi paniti yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, karena akan sangat baik bagi pertumbuhan pendidikan di daerah ini," kata Bupati Pesawaran Dendi Romadhona, Selasa (16/1).


Menurut dia, kegiatan ini sangat strategis dalam mengembangkan inovasi pembelajaran dan peningkatan profesionalisme guru. 


"Sistem pendidikan yang hanya berbasis pada input dan proses dipandang kurang dinamis, kurang efisien dan mengarah pada stagnasi pedagogik," kata Dendi.


Ia juga menyebutkan, hal tersebut dapat mengakibatkan sistem pendidikan sulit beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan aspirasi serta kebutuhan masyarakat. 


"Guru yang memandang anak didik sebagal pribadi yang berbeda dengan anak didik lainnya akan berbeda dengan guru yang memandang anak didik sebagai mahkluk yang sama dan tidak ada perbedaan dalam segala hal," ujarnya.


Maka, penting untuk pendidikan terhadap anak usia dini akan memberikan persiapan anak menghadapi masa-masa kedepannya, yang paling dekat adalah menghadapi masa sekolah.


"Masa Paud harus sudah mulai diajarkan kemampuan bersosialisasi dan pemecahan masalah," kata dia.


Ia mengajak seluruh peserta orientasi dapat memaknai kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman pendidik terhadap kebutuhan bermain bagi anak-anak usia dini, sehingga diharapkan ke depan anak-anak dapat menjadi generasi yang sehat, cerdas, dan ceria yang kelak dapat bemanfaat bagi bangsa dan negara.


"Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada segenap panitia atas terselenggaranya kegiatan orientasi PTK PAUD se Pesawaran," kata dia.


Kegiatan orientasi PTK PAUD dilaksanakan pada tiga tempat yaitu Balai Desa Purworejo Kecamatan Negerikaton, Gedung PGRI Kecamatan Kedondong dan Gedung Galaxi Desa Wates Kecamatan Wayratai dengan diikuti sebanyak 600 tenaga pendidik Paud se-Kabupaten Pesawaran.


Acara itu juga dihadiri Ketua Balai Pengembangan Paud (BP) dan (Dikmas) Pendidikan Masyarakat Provinsi Lampung Dra Rindang Sari, Bunda Paud Pesawaran Nanda Indira Dendi SE, Kadis Pendidikan pesawaran, Kadis Kominfo, Camat Negerikaton, Kepala Desa Purworejo, Ketua PGRI dan GOW Pesawaran, para penilik se-Kabupaten Pesawaran, serta Bunda PAUD Kecamatan Negerikaton.(red/rls)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos