DPMD Tanggamus Salurkan Bantuan Operasional Posyandu

img
Bupati T anggamus Samsul Hadi menyampaikan sambutan pada acara penyerahan bantuan operasional posyandu di Kecamatan Pulaupanggung.

Harianmomentum.com--Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanggamus menyalurkan dana bantuan operasional posyandu balita dan lansia serta bahan batik untuk para kader posyandu se- kabupaten setempat.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tanggamus Samsul Hadi dan Ketua TP. PKK Afillah Samsul, di Aula Gedung  PGRI Kecamatan Pulaupanggung, Selasa (23/1)

Samsul Hadi mengatakan, posyandu merupakan ujung tombak pelayan kesehatan masyarakat. Karena itu, pemerintah perlu memberikan dukungan untuk memaksimalkan peran dang fungsi posyadu dalam mewujudkan keluarga sehat.

“Kader Posyandu, khususnya di Kecamatan Pulaupanggung harus mampu menunjukkan kapasitasnya dalam melayani dan memberikan informasi kesehatan, terutama tentang kecukupan gizi balita, ibu hal dan warga lanjut usia,” kata Samsul.

Dia melanjutkan, tahun ini Pemkab Tanggamus meningkatkan besaran bantuan biaya operasional posyadu dari Rp400 ribu menjadi Rp600 ribu. “Biaya operasional yang kita alokasikan itu, tidak ada potongan apa pun,” tegasnya.

Dia berharap, kenaikan besaran dana operasional itu diiringi dengan peningkatan kualitas kinerja kader posyandu.

Kepala DPMD Tanggamus Idham Khalid mengatakan, saat ini di kabupaten setempat terdapat 678 posyandu balita dengan jumlah kader sebanyak 3.553 orang. 

Sedangkan posyandu lanjut usia (lansia) berjumlah 369 posyandu dengan jumlah kader sebanyak 1.155 orang. Sehingga secara keseluruhan terdapat 1.047 Posyandu dengan jumlah kader 4.708 orang. (day)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos