Bupati Tanggamus Serahkan Bantuan Rastra

img
Bupati Tanggamus memeriksa kualitas rastra yang akan disalurkan kepada keluarga penerima manffaat di kabupaten setempat.

Harianmomentum,com--Bupati Tanggamus Samsul Hadi secara simbolis menyerahkan bantuan program beras sejahtera (rastra) tahun 2018, untuk keluarga penerima manfaat (KPM) di kabupaten setempat. 

 

Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di Balai Pekon (Desa) Tanjunganom, Kecamatan Kotaagung Timur, Senin (29/1).

Sebelum menyerahkan bantuan tersebut, bupati menyempatkan memeriksa kondisi rastra yang aka ndisalurkan. Pemeriksaan itu untuk memastikan, rastra yang disalurkan benar-benar layak dikonsumsi.      

Bupati mengatakan, tidak ada pungutan biaya apa pun yang dibebankan kepada KPM bantuan rastra alias gratis. “Setiap KPM mendapatkan10 kilogram rastra secara gratis, dan tidak ada pungutan biaya apa pun,” tegasnya.


Menurut bupati, program bantuan rastra ini merupakan yang terakhir dan selanjutnya akan diganti dengan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

 

“Ini program rastra yang terakhir. Selanjutnya akan diganti dengan program bantuan pangan non tunai,” ungkapnya.   

Dia menerangkan, dalam pelakasanaan BPNT, setiap KPM akan menerima bantuan dana senilai Rp110 ribu per bulan. Bantuan tersebut dicairkan dalam bentuk beras dan teluru melalui warung elektronik.

“Nanti setiap KPM dapat uang elektonik senilai Rp110 ribusetiap bulan, tapi pencairanya dalam bentuk beras dan telur lewat warung elektronik,” terangnya.

Sekretaris Dinss Sosial Kabupaten Tanggamus Mairosa mengatakan, bantuan rastra bertujuan mengurangi beban masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan pangan. Selain itu juga bagian dari upaya peningkatan ketahanan pangan masyarakat.

“Tahun ini di Tanggamus, tercatat 41.518 KPM penerima bantun rastra. Setiap KPM mendapat 10  kilogram beras kualitas medium,secara gratis,” terangnya. (day)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos