Bupati Pringsewu Kukuhkan Pengurus APP dan PPK

img
Bupati Pringsewu Sujadi mengukuhkan kepengurusan APP Sri Sewu dan PPK Mendho Sewu.

Harianmomentum.com--Bupati Pringsewu Sujadi mengukuhkan kepengurusan dua lembaga, sekaligus: Asosiasi Perbenihan Padi (APP) Sri Sewu dan Paguyuban Peternak Kambing (PPK) Mendho Sewu. 

 

Pengukuhan dipusatkan di halaman Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pertanian Kecamatan Gadingrejo, Rabu (28/2).

 

Susunan kepengurusan APP Sri Sewu yang dikukuhan, diantaranya: Ketua Kusnadi, Sekretaris Nurwahid dan Agus selaku bendahara, serta beberapa koordinator bidang. 

 

Untuk  kepengurusan PPK Mendho Sewu: Ketua Joko Waluyo, Sekretaris Briyan Aristona Pratama dan Bendahara Johan Ferdianto serta beberapa koordinator bidang.

 

Pada sambutanya, Bupati Sujadi berharap kepengurusan kedua lembaga tersebut dapat menunjukan kerja nyata meningkat produksi pertanian dan peternakan di Kabupaten Pringsewu untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat.

 

“Pengukuhan ini jangan hanya sebatas seremoni saja. Harus dibuktikan dengan kerja nyata, sesuai bidang masing-masing untuk meningkatkan kesejahteran  anggota, para petani dan peternak di Kabupaten Pringsewu,” pintanya.


Menurut bupati, prestasi yang sebelumnya telah diukir kedua lembaga tersebut hendaknya dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. 

 

“Kedua lembaga ini sebenar sudah lama terbentuk. Bahkan sudah membuktikan berbagai karya nyata dan prestasi, di tingkat provinsi maupun nasional, malahn sudah pernah menghadap ke menteri. Karena itu, harus terus dipertahankan. Apa lagi para pengurus Sri Sewu dan Mendho Sewu banyak yang berlatar belakang sarjana," ungkapnya.

 

Bupati menerangkan, pembangunan bidang pertanian di Indonesia diarahkan pada pengembangan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, kerakyatan dan terdesentralisasi. Sebab itu, Pemkab Pringsewu melalui dinas pertanian,  terus berupaya untuk menciptakan dan menjalankan berbagai program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani.

 

“Pemkab Pringsewu terus konsistemn memberikan pelayanan prima untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui berbagai program, diantaranya: program desa mandiri benih dan program pengembangan ternak kambing,” terangnya

 

Di tempat sama, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pringsewu Iskandar Muda menuturkan, kedua lembaga yang dikukuhkan itu sudah terbentuk sejak tahun 2015. 

 

“Sejak tahun 2015 sudah ada 11 kelompok tani yang mendapat bantuan benih padi hasil penangkaran APP Sri Sewu,” ungkapnya.

 

Dia melanjutkan, khusus PPK Mendho Sewu, meski belum ada gebrakan dan karya nyata yang berarti, namun para pengurua dan anggotanya mempunyai semangat juang yang tinggi. 

 

"Salah satu programnya pada tahun  2018, ingin merealisasikan pasar ternak kambing. Rencana positif ini, perlu kita apresiasi dan kita dukung," kata Iskandar.

 

Perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung Emila, mengapresiasi terbentuknya kedua lembaga tersebut. 

 

“Mudah-mudahan kedua lembaga ini bisa bekerja sama dan bersinergi dengan pemerintah daerah, untuk memajukan pembangunan bidang pertanian dan peternakan, khususnya di Kabupaten Pringsewu,” harapnya. (lis)

 







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos