Keselamatan Krakatau 2018, Polda Lampung Incar Pengendara 'Nakal'

img
Kapolda Lampung Irjen Suntana mengecek kesiapan personel saat Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Krakatau 2018./Agung Chandra Widi

Harianmomentum.com--Operasi dengan sandi "Keselamatan Krakatau 2018" segera dilaksanakan. Operasi yang melibatkan jajaran Polda Lampung beserta instansi terkait tersebut, diagendakan selama 21 hari, dimulai 5-25 Maret 2018.

 

Manandai pelaksanaan tersebut, Polda Lampung telah melaksanakan apel gelar pasukan di halaman Mapolda, Kamis (1/3/2018).

 

Kapolda Lampung Irjen Suntana mengatakan, tujuan operasi ini guna terciptanya keamanan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas.

 

"Operasi ini sengaja digelar untuk meningkatnya kesadaran dan kepatuhan masyarakat atau pengemudi/pengendara 'nakal' agar patuh terhadap undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan," kata Kapolda.

 

Dengan operasi ini, Kapolda berharap dapat terciptanya perubahan maindset masyarakat sehingga senantiasa tertib dalam berlalu lintas.

 

"Sehingga terciptanya keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di sekitar wilayah kita,” jelasnya.

 

Target operasi ini, dia melanjutkan, yakni pengemudi kendaraan sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan yang berboncengan lebih dari satu orang.

 

"Juga pengemudi kendaraan yang melawan arus, pengemudi kendaraan yang belum cukup umur dan tidak memiliki SIM (surat izin mengemudi)," terangnya.

 

Selain itu, target operasi ini adalah kendaraan yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

 

"Kemudian kendaraan yang melebihi kapasitas angkut, kendaran yang mengunakan rotator (lampu blitz) dan juga sirene kendaraan yang tidak semestinya," jelasnya.

 

Operasi tersebut akan dilakukan di jalan raya, kawasan atau penggal jalan tertentu yang rawan pelanggaran. "Juga di jalan yang rawan kecelakaan serta kemacetan lalu lintas (troublespot dan blackspot),” ujarnya.


Apel dipimpin langsung Kapolda Irjen Pol Suntana dihadiri Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Lampung Didik Suprayitno, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandarlampung Yusuf Kohar, Danrem 043/Gatam Lampung Kolonel Inf Hadi Basuki, juga jajaran forkopimda di Provinsi Lampung.(acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos