Kebakaran Besar Lalap Rumah di Pringsewu

img
Puluhan anggota Damkar Pringsewu bahu membahu memadamkan api yang membakar sebuah rumah semi permanen di Pekon Siliwangi, Sukoharjo./Sulistyo

Harianmomentum.com--Kebakaran besar nyaris membuat rumah semi permanen ludes dan rata dengan tanah di Pekon Siliwangi, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, pukul 08.30 WIB, Kamis (8/3) pagi.

 

Kejadian yang diduga karena korsleting arus listrik itu menyebabkan salah satu penghuni rumah, lelaki tua yang sedang menderita dan terbaring sakit mengalami luka bakar cukup serius dan segera dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan intensif.

 

Selang 15 menit, satu unit mobil damkar dan satu mobil patroli damkar dipimpin Komandan Damkar Thabarani dengan membawa sebanyak 40 anggota langsung melakukan aksi pemadaman dan membantu mengevakuasi lelaki tua yang sebagian pakaian dan tubuhnya terbakar.

 

Hanya hitungan tidak sampai 10 menit api dapat dijinakan sampai benar-benar padam. Sedang petugas lainnya membawa lelaki tua yang di beberapa bagian tubuhnya terbakar ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif.

 

"Alhamdulillah api dapat kita atasi sampai padam dalam waktu 10 menit saja. Bahkan kami dapat menyelamatkan nyawa lelaki tua," kata Thabrani didampingi Kepala BPBD Kabupaten Pringsewu M Khotim.

 

Peristiwa kebakaran itu merupakan atraksi dalam simulasi penangangan bencana. Simulasi itu berlangsung disela-sela upacara peringatan HUT ke-99 Pemadam Kebakaran (Damkar) yang jatuh pada 1 Maret, digelar oleh Pemkab Pringsewu di Lapangan Pekon Silwangi, Kecamatan Sukoharjo.

 

Upacara itu dipimpin Wakil Bupati Pringsewu H Fauzi, dengan diikuti seluruh personel Damkar, para kepala OPD dan ASN di lingkungan Pemkab Pringsewu.

 

Membacakan sambutan resmi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Thahjo Kumolo, Wabup Pringsewu Fauzi meminta kepada Damkar agar terus berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, serta mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman, khususnya kejadian kebakaran.

 

Bentuk hadirnya negara dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, sesuai dengan amanah Nawacita pertama. Yaitu menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman.

 

"Pada kesempatan ini, saya mengajak seluruh jajaran Damkar Kabupaten Pringsewu untuk tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” harap Fauzi.

 

Wabup juga mengucapkan selamat HUT Damkar yang ke-99 tahun dan diharapkan terus meningkatkan kapasitas aparatur dan kelembagaan, guna perlindungan masyarakat untuk mencapai tujuan pembangunan negara ini.(lis)

 

 







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos