Bangkitkan Permainan Tradisional, Disdikbud Pringsewu Gelar Lomba 'Gobak Sodor'

img
Disdikbud Pringsewu gelar lomba Gobak Sodor diikuti sekitar 400 guru./Sulis

Harianmomentum.com--Demi membangkitkan permainan tradisional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar lomba 'Gobak Sodor' yang diikuti 80 kelompok atau sedikitnya 400 orang peserta dari guru PAUD/TK, SD dan SMP se-Kabupaten Pringsewu.

 

Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor Disdikbud komplek perkantoran Pemkab Pringsewu, Jumat (9/3), merupakan rangkaian menyambut dan memeriahkan HUT ke-9 Kabupaten Pringsewu pada 1 April.

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pringsewu H Tri Prawoto didampingi Sekretaris Supriyanto menuturkan, pelaksanaan lomba Gobak Sodor dilaksanakan hanya setiap Jumat saja atau sesudah senam pagi bersama.

 

Bahkan Gobak Sodor itu sudah di mulai sejak Jumat (2/3) lalu, diawali oleh guru PAUD/TK putra-putri, dari pagi hingga sore. "Sedang Jumat (9/3) ini pesertanya para guru SD, begitu juga Jumat depan (16/3) pesertanya para guru SMP," jelasnya.

 

Prawoto menuturkan, dipilihnya lomba tradisional Gobak Sodor itu selain untuk berolah raga juga hiburan. Namun, yang lebih penting melestarikan dan menghidupkan kembali permainan/ olahraga tradisional yang merupakan ciri khas Bangsa Indonesia yang dinilai cukup murah namun meriah juga menyehatkan badan.

 

"Bahkan pada perlombaan tadi, Jumat (9/3) Bapak Wakil Bupati H Fauzi menyempatkan diri melihat langsung perlombaan Gobak Sodor itu, guna mengapresisasi dan memotivasi serta memberi semangat kepada para peserta lomba," papar Kadisdikbud Pringsewu.

 

Sekretaris Disdikbud Supriyanto menambahkan, pihaknya selain menggelar lomba Gobak Sodor, juga menggelar aneka lomba kesenian lainnya.

 

Menurutnya, dari Disdikbud Pringsewu telah menyediakan piala bagi para pemenang lomba."Tetapi pemberian piala itu akan dilakukan pada malam puncak HUT ke-9 Kabupaten Pringsewu yang akan digelar di Pendopo Pringsewu," imbuh Supriyanto. (lis)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos