Pelatihan Kader Bela Negara di Lampung Timur

img
Plt Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari. Foto. Arf.

Harianmomentum.com--Guna meningkatkan dan menguatkan jati diri dan karakter bangsa Indonesia, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melaksanakan pendidikan dan pelatihan Kader Bela Negara di Gedung Islamic Centre Sukadana, Selasa ( 27/3 ).


Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengatakan setiap pemuda sebagai harapan bangsa harus siap berperan sejalan dengan tugasnya yaitu menimba ilmu yang bermanfat agar berguna di masa depan. 


Selain itu, pemuda juga harus berinteraksi dengan seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang majemuk dan memantau dinamika lingkungan strategis baik nasional, regional maupun global, ujarnya.


Zaiful Bokhari menambahkan dalam perspektif pertahanan, kompleksitas aman di atas digolongkan dalam ancaman militer dan ancaman nonmiliter.


"Saya yakin bila seluruh warga negara memiliki kesadaran bela negara dan mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari," imbuhnya


Zaiful juga mengatakan hak dan kewajiban warga negara dalam upaya bela negara diatur dalam konstitusi. Bela negara merupakan tanggung jawab setiap warga negara.


"Bela negara memiliki spektrum yang luas, mulai wujud yang paling halus sampai yang paling keras, mulai hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata untuk melindungi kedaulatan bangsa dan negara", katanya. (arf).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos