Wabup Minta DLH Pringsewu Siapkan 10 Ribu Bibit Tangkil

img
Wabup Pringsewu H Fauzi melakukan penanaman pohon di jalan arah Kantor DPRD Pringsewu dalam rangka memperingati Hari Bumi 2018./Sulistyo

Harianmomentum.com--Wakil Bupati Pringsewu H. Fauzi meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pada tahun mendatang dapat menyediakan bibit pohon tangkil minimal 10 ribu batang, guna dibagikan ke masyarakat untuk ditanam dipekarangannya masing-masing.

 

Bahkan bila perlu pada anggaran perubahan 2018 ini bisa diajukan pengadaan bibit tangkil tersebut. "Tetapi yang jelas pada 2019 bibit tangkil itu sudah ada dan langsung dibagikan ke masyarakat," harap Fauzi, usai apel dan senam pagi bersama, Jumat (6/4).

 

Menurut dia, permohonan itu juga berdasarkan anjuran Bupati Pringsewu Pringsewu. Sebab menanam pohon tangkil itu banyak sekali kegunaannya, mulai dari daun dan buah tangkil muda untuk sayuran, tangkil tua untuk dibuat emping dan batang kayunya juga bermanfaat.

 

Wabup Fauzi mengatakan hal itu ketika melakukan penanaman pohon penghijauan di jalan jalur dua menuju Kantor DPRD Pringsewu yang baru di komplek perkantoran Pemkab setempat sekaligus dalam rangka memeringati Hari Bumi 2018.

 

Pada penanaman juga dilakukan Sekdakab A Budiman, para asisten, staf ahli bupati dan para kepala OPD, serta diikuti para aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Pringsewu.

 

Fauzi menambahkan jika masyarakat menanam pohon tangkil dilahan perkebunan atau disekitar pekarangan rumah, maka dalam waktu 3 hingga 4 tahun kedepan sudah bisa dipetik hasilnya, terutama daun mudanya. "Hal itu setidaknya akan membantu perekonomian masyarakat demi kesejahteraan," ungkapnya.

 

Di sisi lain Wabup Pringsewu juga meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan penanaman pohon bambu dari berbagai jenos disekeliling lahan perbatasan lokasi pemkab dengan tanah warga. "Selain merupakan tanaman indentitas Kabupaten Pringsewu juga sebagi penghijauan dan mengetahui batas lahan. Juga dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat," tuturnya.

 

Melalui program penanaman pohon tersebut agar semua jajaran Pemkab Pringsewu serta elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga bumi dengan turut melestarikan alam sekitar.

 

"Hal ini bisa dilakukan mulai dari diri kita sendiri, dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Juga dengan menanam pohon," imbuh Fauzi.

 

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu Emil Riyadi memaparkan, pada agenda penanaman pohon secara simbolis itu di tanam 500 bibit pohon mahoni dan Pule. "Bibit pohon itu juga ditanam di seputar jalan dan perkantoran Pemkab Pringsewu," katanya.

 

Bahkan terkait program pengadaan bibit pohon tangkil pihaknya akan mengupayakan. Begitu pula penanaman berbagai jenis bambu di lokasi keliling lahan perbatasan perkantoran pemkab Pringsewu. "Penanaman berbagai jenis bibit bambu, akan kami laksanakan pada 2018. Begitu juga bibit pohon tangkil, paling lambat pengadaanya pada 2019 mendatang," terang Emil Riadi.(lis)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos