Pengelolaan DD, DPMP Pringsewu Dorong Penerapan TTG

img
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Kabupaten Peringsewu Malian Ayub

Harianmomentum.com--Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon/Desa (DPMP) Kabupaten Pringsewu meminta aparatur pekon (desa) memprioritaskan kegiatan teknologi tepat guna (TTG) dalam pengelolaan Dana Desa Tahun 2018.

 

Kepala DPMP Pringsewu Malian Ayub mengatakan, kegiatan TTG itu teruang dalam salah satu point pengalolaan DD. 

 

“Sesuai aturan, pihak pekon juga dapat mengalokasikan kegiatan peningkatan kapasitas dalam bentuk pelatihan teknologi tepat guna baik yang dikelola oleh Posyantek, Kelompok Usaha maupun BUMPekon,” kata Malian pada harianmomentum.com, Senin (9/4).

 

Karena itu, lanjut dia, sesuai Permendes Nomor 19 tahun 2017 tentang prioritas penggunaan DD Tahun 2018, seharusnya pekon mempertimbangkan untuk tetap memasukkan anggaran yang berhubungan dengan kegiatan TTG.

 

Dia menerangkan, teknologi tepat guna  adalah teknologi yang digunakan sesuai dan tepat guna dan telah dikembangkan secara tradisional, sederhana dan proses pengenalannya banyak ditentukan kondisi ingkungan dan mata pencaharian pokok masyarakat.

 

 “Kementerian Desa dan PDTT menyebutkan bahwa salah satu kegiatan yang dapat didukung oleh Dana Desa adalah pengadaan, pembangunan, pemanfaatan sarana dan prasarana teknologi tepat guna untuk kemajuan ekonomi masyarakat,” terangnya.

 

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan DPMP Pringsewu Kasmini. Menurut dia, TTG pekon juga dikembangankan dan dimanfaatkan untuk kemajuan ekonomi yang difokuskan kepada pembentukan dan pengembangan produk unggulan pekon. (lis)

 







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos