Demokrat Pringsewu Mulai Buka Penjaringan Legislatif 2019

img
Jajaran pengurus Partai Demokrat Pringsewu saat rapat persiapan verifikasi parpol./ist

?Harianmomentum.com--Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Pringsewu membuka penjaringan bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pileg 2019.


Menurut Ketua DPC Demokrat Pringsewu Maryanto, penjaringan bacaleg tersebut belum diumumkan secara resmi. Akan tetapi, Partai Demokrat sudah mulai menerima masyarakat yang ingin mendaftar sebagai bacaleg.


"Kemungkinan minggu-minggu ini akan kita umumkan penjaringan bacaleg, melalui spanduk-spanduk yang dipasang di tempat strategis," jelas Maryanto kepada harianmomentum.com, Senin (9/4).


Dia menjelaskan, ada beberapa persyaratan bagi masyarakat yang ingin mendaftar bacaleg dari Partai Demokrat. Yakni, pendidikan minimal Sekolah Menengah Atas (SMA), sehat jasmani rohani, memiliki kartu tanda anggota (KTA), foto dan KTP elektronik.


Kemudian, memiliki niat mewakili daerah pemilihan (dapil) masing-masing serta mampu bersinergi antara lembaga legislatif dan eksekutif.


"Tidak ada persyaratan khusus sih. Tapi harus memiliki KTA, artinya setiap yang mendaftar secara otomatis masuk dalam Partai Demokrat," terangnya.


Sehingga, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, maka partai berhak melakukan PAW (Pergantian Antar Waktu). Baik dari lembaga legislatif atau partai.


Untuk kuota bacaleg, dia mengikuti sesuai dengan keputusan dan penetapan alokasi jumlah kursi di masing-masing dapil.


"Misalnya, Dapil satu ada empat kursi, jadi sesuai dengan itu juga. Tidak mungkin kita siapkan delapan. Tentu saja, keterwakilan perempuannya 30 persen," paparnya.


Dia menargetkan di beberapa dapil, seperti di Dapil I, II dan V, Partai Demokrat Pringsewu akan meraih dua kursi legislatif.


Dengan begitu, dia meyakini, jika Partai Demokrat mampu mencapai target tersebut, maka partai berlambang bintang mercy itu dapat menduduki kursi ketua DPRD setempat.


"Kita kan berharap boleh, dan menurut saya tidak muluk-muluk ya. Karena kita yakin, di dapil satu, dua dan lima Demokrat bisa mendapatkan masing-masing 2 kursi," jelasnya.


Selain itu, dia juga berharap seluruh bacaleg Partai Demokrat Pringsewu nantinya mampu memenangkan Pasangan M Ridho Ficardo - Bachtiar Basri pada Pilgub mendatang.


"Setelah kita berjuang di Pilgub, kemudian kita kembali berjuang di Pileg sebagai calon wakil rakyat melalui Partai Denokrat di Pringsewu," tutupnya. (adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos