Menhub Imbau Pemudik Tak Gunakan Sepeda Motor

img
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi meminta masyarakat yang mudik pada libur Idul Fitri 2018 untuk tidak menggunakan sepeda motor.


"Ini masih menjadi kendala terbesar kita (pemerintah). Karena naik motor ini kan bahaya. Saya dengan segala kerendahan hati, kalau bisa mudik menggunakan jasa angkutan umum saja. Seperti bus atau kereta api," ujar Menhub Budi, di Gedung Pasca Sarjana Universitas Bandar Lampung (UBL), Senin (14/3).


Menhub Budi mengimbau para pemudik untuk pulang lebih awal saat libur lebaran nanti. Pemerintah menetapkan libur lebaran tahun ini cukup panjang 9 hari yaitu 11-19 Juni 2018.


"Mereka yang mau mudik ini biasanya H-2 (dua hari sebelum lebaran). Nah ini kita anjurkan kalau bisa lebih awal, satu minggu sebelumnya," harap Budi. 


Perihal persiapan secara teknis, khusus di Provinsi Lampung, pemerintah pusat akan membuat cluster (bagian jalur kendaraan) untuk mempersiapkan mudik lebaran. Hal ini dilakukan agar para pemudik yang hendak menuju ke Lampung atau lewat bisa merasa aman dan nyaman. 


Budi menjelaskan, ada sekitar 2,3 juta pemudik yang akan menuju atau melewati Provinsi Lampung. Diantaranya ada 300 ribu kendaraan roda empat dan 180 ribu kendaraan roda dua. 


"Oleh karenanya saya meminta kepada seluruh masyarakat Lampung agar mempersiapkan diri. Ini kan bisa menjadi rezeki sekaligus berikanlah keramahan bagi pemudik yang sebagian melewati Lampung," tandas Budi. (ira).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos