Sambut Ramadan, Polres Tanggamus Gelar Tablig Akbar

img
Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma.

Harianmomentum.com--Menyambut bulan Ramadan dan HUT Bhayangkara ke-72, ribuan masyarakat menghadiri Tablig Akbar yang digelar Polres Tanggamus di halaman masjid Islamic Center Kotaagung Kabupaten Tanggamus, Selasa (15/5).

 

Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma mengatakan bahwa dalam kesempatan yang mulia tersebut mengajak semua yang hadir, dapat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunianya sehingga dapat menghadiri kegiatan.

 

Kesempatan itu juga Kapolres mengucapkan terima kasih atas kehadirannya jemaah dalam Tablig Akbar Polres Tanggamus.

 

"Melalui Tablig Akbar ini, marilah kita lebih mendekatkan diri dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kami berharap momen yang sangat berbahagia ini dapat dijadikan sebagai media silaturahmi untuk mempererat hubungan antar berbagai komponen, instansi pemerintah dan masyarakat sehingga mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan di tengah-tengah situasi ancaman aksi teror yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia," kata AKBP I Made Rasma.

 

Ia melanjutkan, teror tersebut tentunya menunjukkan ancaman nyata dan tidak sejalan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Sehingga, dalam menanggulangi hal itu tidak bisa dilakukan oleh pemerintah atau aparat keamanan sendiri namun semua komponen masyarakat harus memiliki kekuatan dan ketahanan diantaranya dengan wujud kesamaan persepsi mengenai arti terorisme itu sendiri.

 

"Cara antisipasinya dengan meningkatkan keberanian masyarakat dalam menanggulangi terorisme serta membentuk komitmen bersama untuk mencegah dan menindak pelaku teror," ujarnya.

 

Sementara, Polres Tanggamus dalam kesiapan pengamanan Pemilukada serentak tahun 2018 yakni pemilihan Gubernur dan pemilihan kepala daerah Bupati Tanggamus, tentunya juga bukan hanya tanggung jawab Polres Tanggamus semata akan tetapi perlu didukung oleh semua pihak sesuai dengan kapasitas peran dan tanggung jawab masing-masing yang berkewajiban secara moral untuk memelihara situasi Pilkada damai.

 

"Diharapkan ajang pesta demokrasi ini akan dimaknai oleh masing-masing peserta pasangan calon untuk bersikap santun serta menghindari pelaksanaan kampanye hitam ataupun politik adu domba di samping itu netralitas demokrasi dari aparatur sipil negara juga dibutuhkan untuk menunjang pelaksanaan Pilkada yang damai, aman dan kondusif," terangnya.

 

Menurut Kapolres, melihat situasi keamanan selama ini, dinamika sosial masyarakat dengan menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial karena apabila tidak diantisipasi dengan baik dapat berkembang menjadi gangguan Kamtibmas.

 

Adapun permasalahan yang krusial (penting) tersebut, kata Kapolres antara lain terjadinya sejumlah penyakit masyarakat seperti premanisme, kejahatan jalanan, perjudian, minuman keras dan obat-obatan terlarang serta berbagai bentuk ancaman lainnya yang dapat memicu konflik sosial.

 

"Peran seluruh masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk membantu aparat penegak hukum dalam menekan dan meminimalisir aksi kriminalitas khususnya menjelang bulan suci Ramadan dan pelaksanaan mudik lebaran," tutur Kapolres.

 

Karena sebentar lagi memasuki Ramadhan, Kapolres mengajak masyarakat menunaikan ibadah dengan baik. "Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan kami berharap momen ini jangan dijadikan sebagai alasan untuk bermalas-malasan, justru Ramadhan ini jadikan sebagai ladang ibadah untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan, Allah Subhanahu Wa Ta'ala," tandasnya.

 

Bertajuk untuk Tanggamus dan Pringsewu yang Aman dan Damai dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H, Hari Bhayangkara ke 72 dan Pilkada 2018 turut dihadiri Forkopimda, Ketua MUI, Ketua NU, Ketua Muhammadiyah, Komisioner KPU, Panwaslu, Kemenag, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama dan jemaah berasal dari Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu. Selain itu juga diisi ceramah agama oleh KH Khairuddin Yusuf asal Bandarlampung.(zal)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos