Pembangunan Gedung Pemkot Nyaris Telan Korban

img
Pembangunan proyek gedung baru pemkot menelan anggaran puluhan miliar. Gedung ini diproyeksi menjadi kantor walikota tertinggi di Indonesia. Foto: Agung DW.

Harianmomentum.com--Pembangunan gedung kantor baru Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, di Jalan Dr.Susilo Telukbetung Utara, nyaris menelan korban.

 

Beton hebel pada proyek senilai puluhan miliar itu tiba- tiba jatuh dan menimpa kantor Pemberdayaan Masyarakat pemkot setempat, Kamis (7/6/18).

 

Beruntung, saat peristiwa terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. tidak ada satupun staf yang berada di ruangan Bidang Ketahanan Masyarakat dan Sosial Budaya.

 

“Kebetulan saat beton jatuh ruangan rapat dan ruangan kabid lagi kosong. Jika ada orang pasti mengakibatkan korban jiwa,” ujar seorang staf di kantor Pemberdayaan Masyarakat yang meminta namanya tidak disebutkan.

 

Menurut dia, akibat timpahan pelat beton itu rangkaian genteng dan plafon di ruangan Kabid Ketahanan Masyarakat jebol dan rusak berat.

 

“Kejadiannya cepat, tiba- tiba suara reruntuhan kuat menimpa atap bangunan di kantor kami. Sebagian staf langsung lari meninggalkan kantor,” kata dia.

 

Menurut Yanto (37), seorang pekerja di proyek gedung itu menyebutkan, beton hebel itu jatuh karena tali yang mengikat beton terhadap crane putus.

 

“Satu tumpuk itu kan diikat tali, nah saat ditarik ke atas talinya putus dan langsung menimpa gedung ini,” ujarnya.

 

Menurut dia, beton hebel digunakan untuk dinding bangunan gedung baru satu atap pemerintah kota (Pemkot) Bandarlampung jatuh dari alat crane.

 

Tiga jam kemudian baru petugas bangunan yang dihubungi oleh Bagian Umum datang dan memperbaiki atap dan plafon yang rusak.

 

“Ini mereka baru datang, kami koordinasi dengan bagian umum untuk memanggil petugas bangunan,” ujarnya.

 

Sementara Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandarlampung Supardi belum berhasil dikonfirmasi. Meski teleponnya dalam keadaan aktif namun dia enggan menjawab. (red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos