Bawaslu Pantau Distribusi Surat Suara

img
Bawaslu Pantau Distribusi Logistik Foto Net.

Harianmomentum.com--Molornya pendistribusian surat suara pemilihan gubernur (Pilgub) oleh PT Temprina Media Grafika Cabang Bekasi terhadap beberapa KPU kabupaten, membuat Bawaslu Lampung geram. 

 

Menurut Komisioner Bawaslu Provinsi Lampung Ade Asyari, menjelang hari Raya Idul Fitri, akan banyak pemudik pulang ke kampung halamannya.

 

Dikhawatirkan, proses pendistribusian surat suara dari PT Temprina Media Grafika Cabang Bekasi akan terhambat.

 

"Yang benar saja, masa harus molor lagi. Nanti kalau sudah mepet waktu mudik bagaimana? Masa harus menunggu lagi," sebut Ade, Kamis (7/6).

 

Berdasarkan info yang diterima Ade, pengiriman surat suara ke Pesisir Barat dan Kabupaten Tanggamus dijadwalkan pada Rabu (6/6) kemarin.

 

Namun, hingga Kamis (7/6/18), surat suara tak kunjung dikirimkan dari penyedia jasa dan masih dalam proses pengepakan atau packing.

 

"Makanya saya heran, kok sampai saat ini informasinya surat suara masih belum dikirim, malah masih proses packing," tuturnya.

 

Dia mengingatkan, mepetnya waktu pengiriman dengan musim arus mudik lebaran dikhawatirkan menjadi kendala diperjalanan, terutama saat melintasi pelabuhan Merak-Bakauheni.

 

"Kalau terus mundur kena mudik, nanti mundur lagi. KPU kabupaten bagaimana? Kan mereka butuh waktu juga melipat surat suara. Makanya saya mintalah disegerakan dikirim," harapnya.

 

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono menerangkan, seluruh surat suara telah disiapkan dan tinggal kirim.

 

”Itu sudah siap dikirim kok, tidak usah menunggu lagi," singkatnya.

 

Sementara, Kepala Sub Bagian Umum dan Logistik Sekretariat KPU Lampung Jumadi Ahmad menyebutkan, saat ini surat suara untuk Kabupaten Tanggamus dan Pesisir Barat sedang dalam perjalanan.

 

Kemudian, untuk Lampung Tengah akan dikirimkan pada tengah malam nanti.

 

"Tidak molor lagi kok, surat suaranya malam ini sudah berangkat untuk Tanggamus dan Pesisir Barat. Kalau Lampung Tengah, malam ini juga dikirimkan," tuturnya.

 

Sedangkan, dia menjelaskan, untuk surat suara kabupaten/kota lainnya akan dikirimkan pada Jumat (8/6).

 

Dia menargetkan, seluruh surat suara akan tiba di Lampung pada Sabtu (9/6). Kemudian, pada Minggu (10/6), KPU kabupaten/kota sudah bisa bekerja untuk melipat surat suara.

 

"Yang lainnya besok berangkat. Insya'Allah tanggal 9 Juni sudah selesai semua. Jadi tanggal 10 Juni, KPU sudah bisa bekerja lagi," tuturnya. (adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos