Gempa 5,5 SR Guncang Pesisir Barat

img
Ilustrasi

Harianmomentum.com--Gempa bumi berkekuatan 5,5 skala richter (SR) dengan kedalaman 10 kilometer terjadi di Pesisir Barat Lampung, sekitar pukul 10.44 WIB, Kamis (23/8).

Berdasarkan analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung, gempa bumi terletak pada koordinat 6,51 lintang selatang dan 103,44 bujur timur. Tepatnya, di laut dengan jarak 156 km barat daya Pesisir Barat.

BMKG Lampung menduga gempa bumi yang terjadi merupakan tingkat menengah di wilayah area zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

Selain di Pesisir Barat, gempa bumi juga sempat dirasakan masyarakat Liwa Lampung Barat dan Kota sebagian warga Bandarlampung.

Namun begitu, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. 

Kepala BMKG Wilayah II Tanggerang Joko Siswanto mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan mengikuti informasi yang diberikan. Terlebih lagi, BMKG terus memantau perkembangan selanjutnya.

"Khusus masyarakat yang berada dekat dengan pusat gempa dan merasakan guncangan, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbau Joko. (red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos