Talud Rusak di Gedongtataan akan Diperbaiki Tahun 2018

img
Petugas kebersihan mengeruk timbunan sampah yang menyumbat saluran drainse di sisi Jalinbar Kecamatan Gedongtatan, Kabupaten Pesawaran.

Harianmomentum--Kerusakan talud saluran irigasi di sisi ruas Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran, baru akan diperbaiki pada tahun 2018 mendatang.

 

Mahendra SD Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat (Disperpera) Kabupaten Pesawaran, mengatakan kerusakan talud itu sudah ditinjau Bupati Dendi Ramadhona.

 

“Talud yang rusak itu sudah ditinjua bupati. Untuk perbaikannya sudah kita rencanakan pada tahun anggaran 2018, “ kata Mahendra pada harianmomentu.com, Rabu (17/5).

Menurut dia, bupati mengingikan saluran dranse di sepajang sisi Jalinbar tesebut dibangunan menggunakan sistem box calvert (gorong-gorong beton bertulang berbentuk segi empat). 

Teknologi sitem box calvert memang biasa digunakan untuk saluran air di jalan raya atau jembatan. 

"Saluran itu dekat dengan pasar. Banyak warga yang sering buang sampah sembarang. Dengan box calvert, saluran akan tertutup permanen. Sulit untuk dibersihkan. Jadi sepertinya lebih cocok menggunakan sistem yang biasa saja, yang bisa dibuka tutup untuk mempermudah proses pembersihan,“ jelasnya.

Dia melanjutkan, untuk sementara Diperpera berkoordinaso dengan dinas lingkungan hidup untuk mengatasi sampah yang menyumbat di saluran drainase tersebut.

Diketahui, selain memang kondisi bangunan drainase yang sudah tidak layak, kerusakan tersebut juga dipicu penggalian kabel optik PT Telkom yang sembarangn. 


"Kita akan segera memberikan teguran kepada PT.Telkom, agar segera memperbaiki dan membenahi kabel fiber optik yang mengganggu saluran air tersebut," tegasnya. (niz)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos