Tanggul Jebol Sejak 2005, Warga Khawatir Kebanjiran

img
Tanggul di sekitar aliran Sungai Way Batanghari. Foto. Pie.

Harianmomentum.com--Warga Kelurahan Tejoagung, Kecamatan Metro Timur, minta perbaikan tanggul jebol di sekitar aliran Sungai Way Batanghari.

Menurut warga setempat, Kholid, akibat belum diperbaikinya tanggul yang jebol itu, pada saat hujan, air sungai meluap menggenangi pemukiman warga sekitar.

Tanggul itu jebol sejak 2005 dan hingga kini belum ada perbaikan. Dia berharap pemerintah memberikan solusi karena sebentar lagi musim hujan tiba.

"Tentu kami khawatir. Apalagi yang tinggal di sepanjang aliran sungai ini. Karena takut banjir kembali melanda. Awal tahun 2018 tanggul air sungai perak jebol dikarenakan tidak mampu menahan debit air," keluhnya, Rabu (3/10/18). 

Dikonfirmasi hal tersebut, Wali Kota Metro Achmad Pairin mengaku akan mengkaji terlebih dahulu perbaikan tanggul jebol tersebut. Pasalnya, perbaikan tanggul tersebut memakan biaya yang cukup besar. 

"Ya tahun ini belum. Kami masih akan kaji dulu apakah perbaikan tanggul ini. Selain menggunakan biaya yang cukup besar, apakah dengan perbaikan tanggul itu menyelesaikan masalah," terangnya. 

Kepala Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Rahman menambahkan, perbaikan tanggul jebol tersebut merupakan kewenangan BBSW. 

"Itu kewenangan provinsi bukan kami. Tetapi pemerintah kota melalui DPUTR sudah mengusulkan pembangunan tanggul ke BBSW. Sedangkan untuk realisasi kami belum tahu," kilahnya.(pie).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos