Polres Tanggamus Kirim Personel Tanggulangani Bencana

img
Waka Polres Tanggamus Kompol Andik Purnomo Sigit menyematkan pin relawan penanggulangan bencana.

Harianmomentum.com--Kepolisian Resor (Polres) Tanggamus mengirimkan personelnya guna ikut dalam relawan penanggulangan pasca bencana alam di wilayah kabupaten setempat.

Hal itu disampaikan Wakapolres Kompol Andik Purnomo Sigit mewakilkan Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma saat pelepasan relawan penangulangan bencana banjir bandang dan longsor Kecamatan Kelumbayan dan Kelumbayan Barat Tanggamus, Senin (3/12).

Wakapolres Kompol Andik Purnomo Sigit mengungkapkan, personel yang diterjunkan berjumlah 15 anggota. "Sebanyak 15 personel bergabung bersama tim relawan juga ditambah aparata Polsek Limau yang memang sudah berada di lokasi bencana," ungkap Kompol Andik Purnomo Sigit.

Dia berharap, masyarakat yang terkena musibah dapat berlapang dada, karena bencana alam itu tidak bisa kita prediksikan.

Pelepasan dipimpin Bupati Hj Dewi Handajani bersama sejumlah Forkopimda, Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Bunyamin.

Selain melepas relawan tersebut Bupati juga menyerahkan sejumlah bantuan hasil sumbangan organisasi perangkat daerah baik berupa bahan pokok, alat-alat dan uang tunai. 

Bupati Hj Dewi Handajani mengatakan, relawan yang diterjunkan merupakan personil gabungan Kodim, Polres Tanggamus, Pol PP, Basarnas, BPBD dan Dinas Kesehatan. "Seluruhnya 90 personel gabungan," kata Bupati Tanggamus dalam keterangannya kepada awak media.

Dia melanjutkan, relawan akan bekerja selama tiga hari dengan semua kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat. "Relawan akan membantu warga yang terdampak bencana banjir dan longsor," ujar Bupati.

Bupati menjelaskan untuk jumlah kerusahan fasilitas umum yang rusak akibat bencana, pihaknya terus melakukan pendataan. 

"Semua fasilitas umum masih didata guna menentukan langkah kedepannya, selain itu Pemkab Tanggamus akan berusaha mengusulkan ke pusat maupun provinsi dalam perbaikan fasilitas tersebut," jelasnya.

Ditambahkan Bupati, Pemkab Tanggamus juga sudah mengajukan surat untuk meminta bantuan ke Pusat terkait terjadinya musibah yang ada di Kabupaten Tanggamus. "Pada hari Jumat kemarin Wakil Bupati dan Kepala BPBD sudah ajukan ke Pusat," imbuhnya.

Kemudian terkait adanya sekolah terdampak banjir dan lumpur sehingga tidak dapat difungsikan untuk belajar mengajar akan dipindahkan sementara ke TPA. "Kembali lagi ke tim relawan ini nanti yang akan membantu membersihkan fasilitas-fasilitas tersebut," terangnya.

Terakhir, kondisi terkini listrik, Bupati mengaku aliran listrik masih terputus, namun Pemkab akan berkirim surat ke PLN. "Hari ini kita ajukan surat ke PLN untuk segera memperbaiki aliran listrik baik tiangnya maupun alirannya," pungkasnya. 

Untuk diketahui bencana banjir, tanah longsor/ambles, jembatan hanyut terjadi di Pekon Sidoarjo dan pekon Napal Kecamatan Kelumbayan Barat meliputi Dusun Sukajaya Pekon Sidoarjo dengan jumlah 217 KK, 852 jiwa membutuhkan bantuan bahan pokok.

Jembatan putus (rusak parah) akibat diterjang banjir, sehingga akses jalan antara Dusun Sukajaya menuju ke Pekon Sidoarjo terisolir.

Kemudian tanah ambles (longsor) mengakibatkan 7 rumah rusak parah, sehingga pemilik rumah telah mengungsi ke rumah keluarga/tetangga. Serta 2 bangunan SD, 1 bangunan MI, 1 bangunan SMP masih dipenuhi lumpur dan 1 unit rumah disambar petir.

Selanjutnya, Dusun Sukaagung Pekon Napal berjumlah 336 KK, jumlah penduduk 1.750 jiwa. Di wilayah itu 57 unit rumah rusak ringan dan sedang. Kemudian dua unit bangunan SD, masih dipenuhi dengan lumpur.

Adapun langkah-langkah yang telah dilakukan Forkopimda Tanggamus, pada hari Minggu tanggal 2 Desember 2018, jembatan yang rusak dihantam Banjir, sedang dibuat jembatan Darurat.

Selain itu mengerahkan alat berat / exavator, untuk memperbaiki jalan yang tertutup longsor (batu dan tanah) agar jalan dapat dilalui kendaraan baik R4 maupun R2 dan Mengirimkan logistik (bahan pokok) kepada warga yang terdampak banjir, longsor dan jembatan putus dgn menggunakan R2.(red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos