Pesibar Tetapkan Lima Prioritasa Pembangunan Tahun 2020

img
Musrenbang RKPD di Kecamatan Waykrui, Kabupaten Pesisir Barat

Harianmomentum.com--Memperbanyak investasi untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, menjadi fokus Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) pada tahun 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Asisten Bidang Perekonomian dan Kehumasan Pemkab Pesibar Syamsu Hilal saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2019 di Kecamatan Waykrui, Rabu (6-2-2019).

"Musrenbang ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor: 25 tahun 2004 dan Permendagri Nomor: 86 tahun 2017. Musrenbang ini menjadi dasar dalam pelaksanaan musrenbang RKPD kabupaten, sehingga tercipta sinergitas dan sinkronisasi pembangunan antara desa dan kabupaten," terangnya mewakili Bupati Agus Istiqlal.

Dia mengatakan Pemkab Pesibar telah menetapkan lima prioritas pembangunan pada tahun 2020: pertama pemberdayaan masyarakat untuk pengentasan kemiskinan dengan berpijak pada peningkatan daya saing produk pariwisata, industri kecil menengah dan koperasi.

Kedua, menjaga iklim investasi dengan penerapan reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik.

Ketiga, menjaga kualitas dan kuantitas sumber daya alam demi keberlangsungan ekosistem lingkungan hidup.

Ke-empat, mempertahankan ketahanan pangan dengan berpijak pada penguatan pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Kelima, pembangunan infrastruktur daerah untuk peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan.

Camat Waykrui Aliyudin dalam laporanya menyampaikan, kegiatan tersebut tindak lanjut musrenbang tingkat pekon/desa.

"Terimakasih kepada para peratin se-Kecamatan Way lkrui yang telah mangajukan usulan yang akan kita bahas dalam musrenbang ini, untuk lebih meningkatkan kemajuan ldi pekon masing-masing," kata Aliyudin.

Musrenbang tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Pesibar Azhari, Kadis Ketahanan Pangan Masjari dan sejumlah pejabat pemkab setempat. (asn)



Leave a Comment