Sempat Tertunda, Tol Bakauheni - Terbanggibesar Diresmikan

img
Presiden Joko Widodo meresmikan JTTS yang menghubungkan pelabuhan Bakauheni - Terbanggibesar, Jumat (8-3).

Harianmomentum.com--Setelah sempat beberapa kali tertunda, Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni - Terbanggibesar sepanjang 140,9 kilometer.

"Iya tol terpanjang yang pernah kami resmikan karena memang ini panjang sekali sampai Terbanggi besar," ujar Presiden Jokowi usai peresmian di gerbang tol Natar, Lampung Selatan, Jumat (8-3-2019).

Presiden Jokowi berharap, pada Juni 2019,  JTTS telah terbangun dan terhubung hingga ke Palembang, Sumatera Selatan, dengan total panjang sekitar 350 kilometer.

Pembangunan jalan tol tersebut diharapkan dapat memicu investasi yang berkaitan dengan jalan tol.

"Ini yang kita koneksikan misalnya seperti di Lampung, pak Gubernur merancang ada Kawasan Ekonomi Khusus yang menarik, yang memberikan kecepatan, memberikan fasilitas-fasilitas kepada investor sehingga tertarik masuk ke sini dan membuka lapangan pekerjaan," jelas Presiden.

Sebagai informasi, kondisi jalan di tol Bakauheni-Terbanggi Besar dilapisi beton. Sejumlah rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan pun telah terpasang di beberapa titik. Pemandangan di sisi jalan tol tersebut yakni perkebunan dan persawahan hijau.

Jika menggunakan jalan nasional, masyarakat biasanya membutuhkan waktu selama 4-5 jam untuk menempuh rute Bakauheni ke Terbanggi Besar. Dengan adanya tol ini, maka rute tersebut dapat ditempuh hanya dalam waktu 90 menit dalam keadaan lancar.

Turut hadir dalam peresmian itu sejumlah pejabat yakni Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Gubernur Lampung Ridho Ficardo. (ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos