Bupati Lamtim Sampaikan LKPj

img
Bupati Lamtim Chusnunia bersama pimpinan DPRD setempat pada rapat paripurna penyampaian LKPj kepala daerah tahun anggaran 2018

Harianmomentum.com--DPRD Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) menggelar rapat paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2018.

Rapat paripurna  dipimpin  Wakil Ketua DPRD Lamtim Ela Siti Nuryamah, selasa (19-3-2019). Pada rapat paripurna tersebut Bupati Lamtim  Chusnunia mengatakan penyampain LKPj merupakan kewajiban kepala daerah sebagai refleksi nilai-nilai demokrasi dalam mekanisme kepemerintahan.

 "LKPJ kepala daerah merupakan sarana untuk saling berbagi peran dalam menganalisis kondisi kinerja pemerintah daerah yang telah dilaksanakan sepanjung tahun berjalan. LKPJ juga diharapkan mendorong semangat obyektivitas dalam mengevaluasi kinerja pemerintah daerah yang dilandasi kemitraan untuk saling melengkapi serta menterjemahkan kebutuhan aspirasi masyarakat, khsusunya di Kabupaten Lampung Timur," kata bupati.

Selanjutnya, bupati memaparkan pencapain pembangunan yang telah dilaksanakan pada tahun 2018. Pencapaian tersebut antara lain: peningkatan indek pembangunan manusia yang mencapai 68,05 basis poin pada tahun 2017 atau meningkata 37 basis poin dibandingkan tahun 2016 yang hanya 67,88. 

Sedangkan pada bidang perekonomian, nilai inflasi  Kabupaten Lampung Timur pada tahun 2018 hanya 2,01 persen, atau lebih rendah dibanding inflasi nasional sebesar 3,13 persen. 

"Berdasarkan kondisi ini dapat disampaikan bahwa target RPJMD di bawah 4 sampai 4,5 persen dapat tercapai. Dengan berbagai program yang telah digulirkan, persentase penduduk miskin di Kabupaten Lampung Timur terus mengalami penurunan. Pada tahun 2018 persentase penduduk miskin kita telah berhasil ditekan menjadi 15,76 persen atau menurun se 59 basis poin dibandingkan tahun 2017,” paparnya. 

Bupati menjelaskan, melalui penyelenggaraan kalender event wisata daerah pada  tahun 2018 lalu, berhasil meningkatkan kunjungan wisata 17 persen atau 596.158 wisatawan.

Selain itu dengan berbagai inovasi dan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, pada tahun 2018 Pemkab Lamtim juga  memperoleh berbagai penghargaan dari pemerintah pusat, provinsi, maupun lembaga resmi lainya. Salah satunya Penghargaan Sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama dan Juara Umum Anjungan Terbaik pada penyelenggaran Lampung Fair 2018. (rif)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos