Pekan KTNA Provinsi, Tulangbawang Kirimkan 34 Peserta

img
Sekda Tulangbawang Anthoni melepas peserta KTNA. Foto. Rhm.

Harianmomentum.com--Kabupaten Tulangbawang mengirimkan 34 orang untuk mengikuti Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda-KTNA) XVI Tahun 2019 Tingkat Provinsi Lampung di Kabupaten Lampung Selatan pada 15-18 Juli 2019. 

Keberangkatan 34 peserta --termasuk lima pendamping dan empat panitia-- itu dilepas Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Anthoni, mewakili Bupati Winarti, di Rupatama Kantor Bupati Tulangbawang, Kamis (11-7-2019).

Pesera dari Tulangbawang itu akan mengikuti berbagai kegiatan yang digelar dalam Peda-KTNA. Seperti lomba stand pameran, lomba Asah terampil, lomba temu karya, lomba peragaan dan unjuk tangkas, lomba karya seni dan lomba olahraga tradisional.

Bupati Winarti, dalam sambutan yang disampaikan Anthoni,  mendukung keikutsertaannya dalam Peda-KTNA. Kabupaten Tulangbawang dengan wilayah geografis yang cukup luas, memiliki potensi perairan dan pertanian yang melimpah, sehingga sumber daya ini harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Pembangunan yang semakin kompleks, petani dihadapkan pada tantangan yang semakin besar dalam keterkaitan usaha tani dengan berbagai aspek yang mempengaruhinya.

"Saat ini diperlukan sumber daya manusia (SDM) pertanian yang berkualitas dalam membangun sektor pertanian, KTNA kita jadikan ajang motor penggerak pembangunan pertanian, diharapkan mampu membantu petani membangun skala usaha yang memiliki potensi strategis seperti pelaku usaha lainnya," pesan Winarti.

Selain itu, KTNA juga harus menjadi penyalur aspirasi petani dalam keikutsertaan menentukan kebijakan pemerintah daerah di Bidang pertanian, sehingga mendorong peran aktif petani dan pelaku agribisnis.

Oleh karena itu, KTNA perlu difasilitasi dan diberdayakan agar tumbuh dan berkembang menjadi organisasi yang kuat dan mandiri, sehingga dapat memberikan sumbangsih bagi kesejahteraan petani dan masyarakat di Kabupaten Tulangbawang.

Salah satu bentuk fasilitasi yang diberikan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang, memberikan dukungan kepada KTNA Kabupaten Tulangbawang untuk berpartisipasi pada kegiatan Peda-KTNA di Lamsel.

Peda-KTNA diharapkan menjadi ajang meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guna meningkatkan kualitas sumber daya petani.

(rhm).







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos