Beredar Akun FB Palsu, Nama Ketua PWI Dicatut

img
Akun facebook palsu mengatasnamakan Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian.

MOMENTUM, Bandarlampung--Beredar akun facebook (FB) palsu mengatasnamakan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung Supriyadi Alfian.

FB palsu itu bernama “Supriyadi Allfian”. Sementara akun yang asli “Supriyadi Alfian”. Ada perbedaan didua akun tersebut pada huruf “L”. Akun paslu menggunakan dobel L pada kata Allfian sementara akun asli hanya satu “L”.

Akun palsu itu memposting foto profil Supriyadi Alfian bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sekira pukul 14.00 WIB, Rabu (14-8-2019). 

Foto profil yang dipakai tersebut mirip dengan akun asli Bang Yadi —sapaan Supriyadi Alfian—.

Akun FB palsu itu berusaha menipu salah satu rekan Bang Yadi, bernama Abdul Rahman dengan cara mengirimkan pesan atau messenger FB. 

Dalam pesan tersebut dia meminta pinjaman uang. 

“Saya bisa minta tolong tidak, saya pinjam uang pribadi dulu. Lusa saya kembalikan,” tulis akun FB palsu itu.

Selanjutnya penipu tersebut mengirimkan nomor rekening BRI: 0357-0101-9816-xxx atas nama Wahid Jaka Andalas. “Maaf ngerepotin, saya kirim nomor rekeningnya tapi bukan rekening saya, rekening kawan,” ucap penipu itu.

Namun Abdurahman yang merupakan Ketua PWI Kabupaten Tulangbawang itu tak mudah percaya dengan tipu muslihat tersebut.

Dia pun meminta konfirmasi kepada Bang Yadi, menanyakan kebenarkan akan pesan itu. Ternyata benar, akun tersebut palsu. 

Menanggapi adanya akun palsu itu, Bang Yadi pun langsung melaporkan pencatutan namanya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab ke Polresta Bandarlampung pada Kamis (15-8).

Sesuai dengan Surat Keterangan Kepolisian nomor: SKK/3045/VIII/2019/LPG/RESTA Balam, Bang Yadi melaporkan adanya oknum yang tidak bertanggung jawab mencatut nama serta fotonya di akun media sosial.

Bahkan, oknum tersebut meminta sejumlah uang kepada teman-temannya melalui pesan singkat di FB. Bang Yadi berharap Polresta Bandarlampung segera menemukan keberadaan oknum tersebut.

"Karena ini sangat meresahkan, saya khawatir ada yang tidak tahu dan mereka justru mengikuti permintaan orang itu," terangnya.

Bang Yadi mengimbau pengguna media sosial untuk tidak menerima pertemanan dari akun FB tersebut. Apalagi, sampai memenuhi permintaan pelaku yang meminta sejumlah uang, pulsa dan barang lainnya.

"Hati-hati buat masyarakat, jika ada yang meminta pertemanan di FB atas nama Supriyadi Allfian, agar tidak diterima," imbaunya.

Menurutnya, belakangan banyak yang mengatasnamakan dirinya untuk melakukan penipuan. Salah satunya yang ditangkap di Lapas Wayhui Bandarlampung. (red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos