Tiga Perguruan Tinggi di Lampung Gelar Konferensi Internasional

img
Rektor UIN Prof. Moh. Mukri (kanan) bersama Prof. M. Syukri Salleh dari Malaysia (kiri). Foto: acw

MOMENTUM, Bandarlampung--Untuk menjalin sinergitas dengan negara lain, tiga perguruan tinggi di Lampung menggelar konferensi internasional studi pembangunan islam 2019.

Ketiga perguruan tinggi (PT): Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Universitas Lampung (Unila) serta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBI) Lampung.

Kegiatan yang terpusat di Hotel Bukit Randu Bandarlampung, Selasa (10-9-2019) itu, menghadirkan pemateri dari enam negara: Malaysia, Filipina, Maldives, Thailan, Brunei Darussalam dan Indonesia.

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Moh. Mukri mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan konsep pembangunan pendidikan Islam di Indonesia, khususnya Lampung kepada negara lain.

"Selain itu, kegiatan juga untuk menjalin sinergitas maupun konektivitas antara negara, khususnya di Asia," kata Mukri.

Menurut dia, sangat banyak manfaat yang bisa diperoleh dari terlaksananya kegiatan tersebut.

"Salah satu inputnya, rekan-rekan akademisi bisa menghasilkan karya ilmiah yang nantinya bisa dipublis di jurnal skala internasional," kata Mukri usai kegiatan.

Mukri menambahkan, saat ini tidak ada lagi bangsa yang mengisolir diri. "Maka PT yang menutup diri tidak akan maju. Untuk itu diperlukan kerja sama (lembaga pendidikan) antar negara," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut dibahas soal hukum, ekonomi dan pendidikan berbasis syariah yang dipaparkan oleh para profesor dari negara: Indonesia, Malaysia, Filipina, Maldives, Thailand dan Brunei Darussalam.(acw)



Leave a Comment