Warga Tegalyoso Minta Pemerintah Bangun Kanal untuk Cegah Gajah Liar

img
Zaiful Bokhari. Foto. Rif.

MOMENTUM, Purbolinggo--Warga Tegalyoso, Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, meminta pemerintah membangun kanal untuk mencegah gajah liar dari Taman Nasional Waykambas (TNWK) masuk ke desa merka.

Desa yang berbatasan dengan Waykambas itu selama ini kesulitan mengatasi gajah liar yang sering masuk desa dan merusak tanaman pertanian warga.

Menanggapi permintaan warga Tegalyoso itu, Bupati Lampung Timur (Lamtim) Zaiful Bokhari, berjanji untuk meneruskan permintaan warga itu kepada Kementrian Lingkungan Hidup.

Hal itu disampaikan Zaiful saat membuka acara Revitalisasi Budaya dan Ekonomi Desa di Balai Desa Tegalyoso Kecamatan Purbolinggo, Rabu (11-9-2019).

"Desa Tegalyoso ini berbatasan dengan Waykambas dan sering dilintasi gajah-gajah liar dari TNWK. Kami segera usulkan kepada Kementrian Lingkungan hidup dan anggota DPR RI agar dibangun kanal sepanjang tujuh kilo meter dari Desa Tegalombo Waybungur sampai Desa Muarajaya Sukadana," tambahnya.

Pada bagian lain, Zaiful mengatakan perbaikan infrastruktur merupakan program utama Pemkab Lamtim dengan mengalokasikan anggaran Rp270 milyar.

"Banyak jalan yang rusak di Kecamatan Purbolinggo, terutama dari Kecamatan Purbolinggo sampai Desa Bumijawa yang sudah bertahun-tahun rusak parah. InsyaAllah akan kami perbaiki," janjinya. 

Zaiful juga meminta kepala desa agar Kreatif dalam memanfaatkan dana yang dikucurkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Selain untuk infrastruktur juga bisa untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat. (rif).



Leave a Comment