Pembangunan Tanggul di Jalinbar Tahap Penimbunan Material

img
Tanggul tebing jalinbar di Tanggamus. Foto. Glh.

MOMENTUM, Kotaagung Timur--Pembangunan tanggul penahan tebing di jalan lintas barat (jalinbar) ruas Pekon Tanjungjati, Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus memasuki tahap penimbunan material.

Menurut Suprapto, salah satu pekerja, penimbunan tersebut untuk membuat tebing delapan tingkatan agar tidak curam dan mengurangi ancaman longsor. 

"Sekarang tepian jalan sedang ditimbun, nanti barulah menimbun tebing dengan tanah. Ditimbun dari bawah sampai atas, dibuat delapan trap," ujar Suprapto di lokasi proyek, Minggu (15-9-2019). 

Pekerjaan adalah untuk penguatan tebing karena di atasnya ada jalinbar. Pembangunan ini untuk mencegah longsor agar tidak sampai mengganggu arus lalu-lintas di jalinbar.

Lokasi proyk berada di jalan dengan jurang lebih dari 50 meter. Dasar jurang adalah tikungan sungai. Itu juga yang membuat pengikisan tebing selama ini, padahal di atasnya terdapat jalinbar.

Pembangunan tanggul di lokasi ini menggunakan teknologi paku bumi. Cara itu belum banyak diterapkan atau digunakan di lokasi dengan kondisi khusus. Paku bumi difungsikan sebagai kerangka tanggul.

Selain itu, di dasar jurang juga diberonjong dengan delapan tingkatan. Maka atas dan bawah pada titik ini ditangani. Selanjutnya tinggal menyelesaikan antara bawah dan atas dengan penimbunan material untuk pembuatan tebing delapan trap. 

Panjang tebing yang ditimbun sekitar 300 meter. Nanti di dalam tanggul akan dicor bersamaan dengan penyemenan bahu jalan. Maka badan jalan bakal semakin kuat. Pekerjaan ini diperkirakan selesai pada akhir tahun ini. (glh/jal).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos