BPBD Lamtim Imbau Warga Aktif Cegah Kebakaran Lahan

img
Kepala BPBD Lamtim Tri Pranoto,

MOMENTUM,Sukadana--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) mengimbau masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Imbauan tersebut disampaikan Kepala BPBD Lamtim Tri Pranoto, menyusul terjadinya kebakaran lahan gambut seluas lima hektar di Desa Adiluhur,Kecamatan Jabung, Senin (23-9-2019).

"Kita imbau masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar dan tidak sembarang membuang bahan-bahan yang bisa memicu terjadinya kebakaran, seperti puntung rokok dan sebaginya," kata Tri Pranoto pada Harianmomentum.com, Selasa (24-9-2019).

Dia menerangkan, lahan gambut yang terbakar di Desa Adiluhur sebagian besar ditanami komoditas kepala sawit. 

"Kita telah turunkan satgas pemadam kebakaran dibantu personel TNI dan Polri serta masyarakat untuk memadamkan kebakaran lahan tersebut. Saat ini api sudah bisa dipadamkan," terangnya. 

Meski pun api sudah berhasil dipadamkan, personel BPBD Lamtim masih tetap siaga di lokasi untuk mengantisipasi kemungkinan masih adanya sisa api pada bagian bawah lahan gambut. 

"Kita tetap siagakan personel di sana, untuk antisipasi kemungkinan masih ada api di bawah lahan gambut itu," jelasnya. (rif)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos