Pemkab Tanggamus Semprotkan Pewangi di Pasar Kotaagung

img
Damkar di Pasar Kotaagung. Foto. Glh.

MOMENTUM, Kotaagung--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus akan menciptakan Pasar Kotaagung menjadi besih dan harum. Sehingga masyarakat menjadi nyaman saat berdagang atau berbelanja di pasar.

"Masyarakat yang berbelanja ke pasar harus merasa nyaman dan betah. Tidak lagi mencium aroma tak sedap. Pasar harus rapi dan tidak semrawut," ujar Kepala Dinas Diskoperindag Tanggamus Mairosa di Pasar Kotaagung, Selasa (15-10-2019).

Salah satu pasar yang akan diubah menjadi pasar bersih dan harum adalah Pasar Kotaagung. Lokasi pasar yang selama ini kumuh dan beraroma tak sedap adalah tempat penjualan ikan dan ayam. "Lokasi ini yang menjadi prioritas dibersihkan," katanya.

Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan bersama dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) Tanggamus dan Satlak Pasar Kotaagung, mengerahkan dua damkar-- masing-masing berkapasitas 3.500 liter air, dengan tujuh petugas. 

"Lingkungan pasar tempat berjualan ikan, kami semprot menggunakan air dengan mobil damkar, sampai bersih," katanya. Selanjutnya, damkar yang memuat air yang dicampur dengan pewangi akan menyemprot di lokasi yang sama.

Menurut dia, seluruh kegiatan itu akan dilakukan pada sore ini, Selasa (15-10-2019). "Mengapa sore? Ya, agar tidak mengganggu aktivitas para pedagang dan pembeli yang setiap hari ramai," katanya.

Tidak hanya di tempat penjualan ikan yang menjadi perhatian. Selokan dan lingkungan pasar yang terlihat kotor dan kumuh, juga akan dibersihkan. "Pasar Kotaagung harus bersih dan nyaman," katanya.

Menjadi pasar yang bersih dan harum, kata dia, selain agar masyarakat nyaman bertransaksi di pasar, juga untuk menyambut kedatangan tim penilai Adipura. Selain pasar, lokasi lain yang menjadi sasaran penilaian Tim Adipura juga akan dibersihkan.

Kadis Diskoperindag mengimbau para pedagang dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan, di pasar maupun lingkungan lainnya. 

"Buanglah sampah di tempatnya, bersihkan kios ikan maupun ayam usai melakukan aktivitas berdagang," ajaknya seraya berharap, kebersamaan menciptakan kebersihan pasar dan lingkungan akan membuahkan hasil meraih Piala Adipura.

Piala Adipura bukan sekadar penghargaan melainkan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tanggamus juga menjadi Bersih, Tertib, Rapi, Aman, dan Indah, ucap mantan Sekretaris Dinsos ini.

Selain Mairosa dan Kasi Linmas dan Damkar Nuzirwan, juga Kabid Perdagangan Sukirman Basri, Kepala Satlak Pasar Kotaagung Muzani, dan para pedagang membantu dalam membersihkan lapak lapak ikan. (glh/jal).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos