Puslatpur Gelar Turnamen Catur Nasional

img
Ratusan Pecatur Mengikuti Turnamen Catur Nasional

MOMENTUM, Bandarlampung--Pusat Latihan Tempur (Puslatpur)-8 Teluk Ratai menggelar Turnamen Catur Nasional di Gedung Golden Bistro Bandarlampung, Sabtu (23-11-2019).

Komandan Puslatpur-8 Teluk Ratai Letkol (Mar) Data mengatakan, Turnamen catur tingkat nasional yang digelar dalam rangka Hut ke-74 Korps Marinir itu diikuti oleh 15 provinsi di Indonesia.

"Bisa dikatakan turnamen catur yang digelar di Bandarlampung ini adalah yang terbesar dan terberat, sebab diikuti oleh 15 provinsi dengan jumlah peserta 287 orang. Ditambah ada grandmaster nasional dan internasional yang ikut bertanding di ajang ini," ujar Letkol (Mar) Data.

Dia menuturkan, kegiatan ini digelar untuk memberikan wahana yang berkualitas bagi pecatur Lampung maupun provinsi lainnya, dan membantu Percasi dalam upaya pengembangan dan peningkatan prestasi atlet catur di Lampung.

Menurut dia, ajang ini juga dapat dijadikan sebagai pencarian atau penjaringan atlet catur yang muda dan berbakat baik itu di daerah maupun di nasional.

"Dalam pembinaan lingkungan salah satu tugas kami adalah menyelenggarakan turnamen catur ini sesuai dengan semangat nasional yakni SDM Unggul Indonesia Maju," kata dia.

Selanjutnya Data mengimbau kepada para peserta untuk bertanding dengan profesionalitas dan sportifitas sebagaimana semangat marinir dalam pengabdian yang tinggi kepada NKRI.

Dia juga meminta kepada pecatur untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan serta jangan pernah menyerah dalam mengukir prestasi, teknik dan taktik di olahraga catur.

Sementara Walikota Bandarlampung Herman HN berharap dengan adanya turnamen itu, olahraga catur di Provinsi Lampung terutama Kota Bandarlampung dapat lebih baik dan maju.

"Semoga saja dengan adanya turnamen ini akan ada atlet catur yang bisa membawa Indonesia Juara Dunia," kata dia.

Herman juga mengajak semua kalangan untuk memasyarakatkan olahraga catur dengan aktif dan rajin memainkannya. Apalagi di Bandarlampung ada sekolah catur, sehingga akan banyak atlet berkualitas di Lampung.

Provinsi yang ikut pada turnamen catur itu antara lain: Lampung, Kalimantan Tengah, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bangka Belitung, Sumatra Selatan, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bengkulu, Jambi.

Sementara kategori yang diperlombakan yaitu umum sebanyak 220, kategori TNI Polri 22 peserta, Junior U 18 dengan 24 peserta, dan U12 dengan jumlah peserta 21 orang. (iwd)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos