Waykanan Dicanangkan sebagai Kabupaten Literasi

img
Foto bersama usai kegiatan pencanangan Waykanan sebagai Kabupaten Literasi./ist

MOMENTUM, Waykanan--Waykanan dicanangkan sebagai kabupaten literasi sebagai komitmen peningkatan minat baca anak dan masyarakat di daerah setempat.

Hal itu disampaikan Bupati Raden Adipati Surya saat memberikan sambutan pada pencanangn Waykanan sebagai Kabupaten Literasi di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab setempat, Selasa (7-1-2020).

"Melalui penyediaan bahan bacaan guna meningkatkan minat baca anak di daerah ini. Sebagai bagian penting dari penumbuhan budi pekerti, minat baca anak perlu dipupuk sejak usia dini terutama dimulai dari lingkungan keluarga," kata Adipati.

Minat baca yang tinggi, kata dia, harus didukung dengan ketersediaan bahan bacaan yang bermutu dan terjangkau sehingga akan mendorong pembiasaan membaca ataupun menulis.

"Penguasaan enam literasi dasar yang disepakati oleh world economic forum pada tahun 2015 menjadi sangat penting tidak hanya bagi peserta didik, tetapi juga bagi orangtua dan seluruh warga masyarakat," ujar Adipati.

Masih kata bupati, enam literasi dasar tersebut mencakup literasi baca tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya dan kewarganegaraan.

Selain itu, kegiatan itupun dilanjutkan dengan pelantikan ketua dan pengurus Gerakan Literasi Daerah (GLD) oleh Duta Baca Kabupaten Waykanan Dessy Afriyanti Adipati.(vit)



Leave a Comment