Mahasiswa ITERA Dirikan Sudut Baca di Pringsewu

img
Kegiatan bimbingan belajar anak-anak sekolah dasar (SD) di Kabupaten Pringsewu./ist

MOMENTUM, Pringsewu--Mendukung peningkatan budaya literasi, mahsiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menggagas pendirian sudut baca guna meningkatkan minat membaca masyarakat di Kabupaten Pringsewu.

Sudut baca yang dinamai Pustaka Sahwahita didirikan untuk meningkatkan budaya literasi dan kegemaran membaca kalangan masyarakat di Desa Kediri, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu.

Pendirian sudut baca tersebut diinisiasi oleh mahasiswa ITERA yang menjalakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) sejak 23 Desember-25 Januari 2020.

Ketua Kelompok KKN ITERA di Desa Kediri, Muhammad Arkan Rasyid menjelaskan, program tersebut digagas sebagai bentuk dukungan atas program pemerintah Kabupaten setempat yang ingin menjadikan Pringsewu sebagai kabupaten Literasi.

Mahasiswa KKN ITERA mendirikan sudut baca di tiga lokasi berbeda yakni di Dusun I, II dan III di Desa Kediri, Gadingrejo. Setiap dusun disediakan sebuah rak beserta sekitar 50 koleksi buku bacaan yang merupakan donasi dari para mahasiswa.

Selain menggagas sudut baca, mahasiswa KKN ITERA bekerja sama dengan kelompok Remaja Peduli Masyarakat (RPM) setempat juga mengadakan kegiatan bimbingan belajar gratis bagi anak-anak usia sekolah.

Pelibatan pemuda desa bertujuan agar program yang disambut antusias oleh anak-anak tersebut terus berlanjut.

“Program pojok baca dan bimbel ini mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat. Anak-anak jadi lebih sering berkunjung ke pojok baca untuk membaca dan belajar bersama,” ujar Arkan mahasiswa Itera itu.

Mahasiswa Teknik Sipil itu menambahkan, akan terus menambah koleksi buku pada sudut baca yang telah didirikan. Buku-buku yang akan disediakan disesuai kebutuhan masyarakat, misal buku pertanian sesuai dengan profesi yang mayoritas warga Desa Kediri jalankan.(red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos