Butuh Bahan Bacaan? Perpusda Lampung Punya 169.085 Koleksi Buku Bacaan

img
Kepala Seksi Pelayanan dan Teknologi Informasi Komunikasi pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung Alson

MOMENTUM, Bandarlampung--Perpustakaan Daerah (Perpusda) Provinsi Lampung terus berupaya menambah jumlah koleksi buku bacaan. Langkah tersebut bagian dari upaya meningkatkan minat baca masyarakat. 

Kepala Seksi Pelayanan dan Teknologi Informasi Komunikasi pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung Alson mengatakan, saat ini  koleksi buku bacaan di perpusda setempat mencapai 169.085 eksemplar. 

Jumlah tersebut terbagi menjadi: 61.854 judul buku dan lima belas jenis bacaan, dengan tahun pengadaan terakhir 2019.

"Tahun depan (2021), kami ada penambahan koleksi buku bacaan lagi," ujarnya pada Harianmomentum.com, Selasa (14-1-2020).

Dia mengakui, saat ini minat baca masyarakat Lampung masih rendah. Salah satu acuanya, terlihat dari rendahnya tingkat kunjungan ke perpusda yang rata-rata hanya belasan orang setiap hari. 

"Salah satu upaya kita meningkatkan minat baca itu, tentu dengan menambah jumnlah dan kelengkapan jenis koleski buku bacaan. Jadi masyarakat lebih mudah mendapat jenis buku yang dibutuhkan di perputakaan," terangnya.

Saat ini, lanjut dia, pengunjung Perpusda Lampung masih didominasi para mahasiswa dan pelajar.   

"Para pengunjung perpustakaan di Lampung masih sebatas memenuhi kebutuhan tugas akademik. Karena itu, pengunjung perpustakaan kebanyakan para mahasiswa dan pelajar," ungkapnya.

Dia berharap, dukungan dan peran aktif dari seluruh elemen untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Kalau di negara-negara maju, seperti Jepang minat baca masyarakat sangat tinggi. Membaca itu sudah menjadi kebutuhan. Tentu butuh dukungan dan peran aktif seluruh elemen untuk meningkatkan minat baca masyarkat di Provinsi Lampung," harapnya. (rft)




Leave a Comment