Pemprov Gelontorkan Rp24 M untuk Jalan Provinsi di Mesuji

img
Gubernur Ridho Ficardo dan salah satu ruas jalan provinsi di Lampung. Foto: Gede Setiyana/Istimewa

Harianmomentum--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelontorkan anggaran sebesar Rp24 miliar di tahun anggaran 2017 untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang melintasi Kabupaten Mesuji.

 

"Pembangunan infrastuktur jalan demgan menggunakan sistem rigid beton dan aspal hotmix, bergantung pada situasi di lokasi pembangunan. Tidak ada yang mandek dalam pembangunan," papar Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan PUPR Tony Ferdinansyah.

 

Anggaran yang dikucurkan oleh pemprov untuk perbaikan infrastruktur jalan juga sebelumnya sudah di berikan pada tahun-tahun sebelumnya. Menurut data Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Lampung, tahun anggaran 2015 telah dilakukan pembangunan rigid (jalan beton) sepanjang 1,3 km disepanjang Pematang - Brabasan. Pada tahun anggaran 2016, dilaksanakan dua (2) pekerjaan rigid sepanjang 1,3 km disepanjang Penaang - Brabasan dan 1,3 km di Brabasan - Wiralaga.

 

Sedangkan pada tahun anggaran 2017, akan dilaksanakan dua paket pekerjaan pembangunan, yaitu, Sp Pematang - Brabasan (pembangunan rigid sepanjang 1,7 km), Brabasan - Wiralaga (pembangunan rigid sepanjang 1,4 km). Serta untuk tahun 2018 Dinas PUPR Provinsi Lampung, merencanakan pembangunan rigid dan fleksibel sampai dengan perkantoran Bupati Mesuji yang baru.

 

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, menegaskan, pembangunan infrastruktur perbaikkan jalan di Mesuji akan diselesaikan pada tahun ini. Gubernur  juga meminta kepada Dinas PUPR Provinsi Lampung, untuk segera mungkin bekerja memperbaiki jalan yang rusak milik Provinsi yang ada di Kabupaten Mesuji.

 

Sementara itu, Bupati Mesuji Khamamik sebelumnya telah menyatakan terimakasih dan apresiasinya kepada Gubernur Lampung dan jajaran pemprov atas perhatian yang diberikan kepada masyarakat Mesuji, baik berupa dukungan dalam program pembangunan Mesuji maupun bantuan dalam program pembangunan lainnya.

 

Khamamik juga mengucapkan terima kasih kepada pemprov karena telah menganggarkan perbaikan jalan di Mesuji sebesar Rp24 miliar.

 

“Saya berharap tahun-tahun berikutnya dapat diberikan anggaran yang lebih besar lagi, karena sebagai kabupaten yang memiliki APBD yang masih kecil, kami masih membutuhkan bantuan dan perhatian yang lebih dari Pemerintah Provinsi Lampung,” kata Khamamik.

 

Untuk diketahui, kucuran dana Rp24 miliar tersebut merujuk pada usulan Pemkab Mesuji pada Musyawarah Rencana Pembangunan Mesuji tingkat Kabupaten yang mana hal itu dihadiri Taufik Hidayat, Kepala Bappeda Provinsi Lampung, yang mana usulan itu akhirnya direalisasikan oleh Pemprov Lampung.

 

Adapun pembangunan jalan akan dimulai dari gerbang Masuk Mesuji di Simpang Pematang menuju Brabasan,  Brabasan menuju Wiralaga sementara sistem pembanguannya sendiri akan disesuaikan dengan lokus jalan yang hendak dibangun. (rls)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos