Orang Gila Marak di Metro

img
Illustrasi orang gila. Foto: Google.

Harianmomentum--Keberadaan orang gila di Kota Metro saat makin marak. Kondisi tersebut membuat repot dinas sosial (dinsos) setempat.

 

Dalam waktu sebulan terakhir, Dinsos Metro sudah menangani 13 orang gila.  Dari jumlah tersebut, duar  diantaranya merupakan orang gila yang diamankan Sat Pol PP. Sedangkan sisanya merupakan hasil laporan  masyarakat yang resah akibat ulah para orang gila itu.

 

Sekretaris Dinsos Kota Metro Subehi mengatakan orang gila yang sudah ditangani itu rencananya akan dikirim ke salah satu panti rehabilitasi  di Provinsi Lampung.

 

"Kita sudah ada MoU atau kerjasama dengan panti rehab itu. Jadi kita kirim ke sana untuk direhabilitasi. Kita setiap tahun menganggarkan untuk rehabilitasi orang gila itu," kata Subehi, Minggu (23/7).

 

Dia menerangkan, tahun 2017  terjadi peningkatan jumlah orang gila yang ditangani dinsos dibanding tahun 2016. “ Sepanjang tahun 2016, kita hanya manangani 12 orang gila. Tahun 2017, baru sampai pertengahan tahun, sudah ada 13 orang gila yang kita tangani,” terangnya.

 

Menurut dia, peningkatan tersebut, karena kesadaran masyarakat untuk melaporkan keberadaan orang gila, ke dinsos.

 

"Mungkin tahun lalu karena banyak  warga yang tidak mau melapor. Bisa jadi karena sosialisasinya kurang. Ini kita juga sosialisasinya sudah merata, karenanya mereka bisa tahu,  kalau dinsos bisa menangani   permasalahan   orang gila,” ungkapnya.(sya/pie)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos