Waykanan Terus Tingkatkan Efektifitas Pembangunan

img
Wakil Bupati Waykanan Edward Anthony membuka Musrenbang Kecamatan Rebangtangkas

MOMENTUM, Rebangtangkas--Musyawaran Rencana Pembangunan (Musrenbang) adalah upaya pemerintah untuk lebih mengefektifkan pelaksanaan program pembangunan. Hasil dari musrenbang tersebut akan menjadi salah satu dasar pemerintah menyusun dan menetapkan program pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Waykanan Edward Anthony saat membuka Musrenbang Kecamatan Rebangtangkas.Kegiatan berlangsung di aula kantor lecamatan setempat, Selasa (25-2-2020).

Menurut bupati musrenbang adalah forum penyerapan asipirasi masyarakat yang akan menjadi dasar penyusunan dan pelaksanaan program pembangunan. Karena itu, peran aktif masyarakat dalam kegiatan musrenbang sangat diperlukan.

"Pemkab Waykanan terus berupaya mengoptimalkan efektifitas pelaksanan program pembangunan. Salah satu caranya melalui musrenbang ini. Melalui forum in, pemerintah menyerap aspirasi masyarakat terkait program pembangunan," kata wabup.

Pada kesempatan itu, wabup juga memaparkan sejumlah pencapaian pembangunan selama empat tahun terakhir.

Menurut wabup, selama empat tahun terakhir pencapaian program pembangunan di Kabupaten Waykanan sangat positif. Hal itu, antara lain bisa dilihat dari meningkatnya  indeks pembangunan manusia (IPM).

"Pada tahun 2015, IPM Kabupaten Waykanan berada pada angka 65,18. Agka tersebut meningkata pada tahuan 2018 menjadi 66,63 poin," terangnya.

Begitu juga dengan angka kemiskinan yang mengalami penurunan dari 14,61 persen pada tahun 2016 menjadi 13,07 persen  pada tahun 2019.

Camat Rebangtangkas mengatakan musrenbang tersebut merupakan tindak lanjut dari agenda serupa di tingkat kampung. nantinya hasil musrenbang tingkat kecamatan akan dibawa ke tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. (**)

Laporan: Novita Sari

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos