Tanggamus Matangkan Penyusunan RKPD

img
Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan arahan kepada peserta konsultasi publik Rancangan Awal RKPD tahun 2021

MOMENTUM, Gisting--Saran dan masukan dari elemen masyarakat dan pemangku kepentingan sangat diperlukan dalam proses penyempurnaan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Terkait hal tersebut Pemerintah Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD tahun 2021, Rabu (26-2-2020). Kegiatan yang berlangsung di Hotel 21, Kecamatan Gisting itu dibuka Bupati Dewi Handajani.

Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Tanggamus Yadi Mulyadi mengatakan, hasil konsultasi publik tersebt akan menjadi acuan dalam penyempurnaan RKPD.

"Lewat konsultasi publik ini, kita berupaya menyerap masukan dan saran dari elemen masyarakat dan pemangku kepentingan untuk penyempurnaan penyusunan RKPD Kabupaten Tanggamus tahun 2021 mendatang," kata Yadi Mulyadi.

Selanjutnya, hasil dari konsultasi publik tersebut akan dibahas forum musyawarah rencana pembangunan. Kemudian menjadi rancangan akhir RKPD yang ditetapkan melalui peraturan bupati.

"Sasaran konsultasi publik ini mencapai keselarasan perencanaan pembangunan Kabupaten Tanggamus dengan perencanaan pembangunan Provinsi Lampung dan nasional berdasarkan hasil penyerapan aspirasi masyarakat," terangnya.

Hal senada disampaikan Bupati Tanggamus Dewi Handajani. Menurut dia, konsultasi publik tersebut bagian dari proses penyusunan rencana pembangunan berdasarkan aspirasi dan  kebutuhan masyarakat.

"Titik fokus dari konsultasi publik ini tidak terlepas dari program 55 AKSI yang menjadi unggulan Pemkab Tanggamus dalam memberikan pelayanan pada masyarakat," kata bupati. Karena itu, dia berharap, kegiatan tersebut mengedepankan masukan yang lebih mengacu pada peningkatan kualitas pelayanan dasar masyarakat.

Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan mengatakan, proses penyusunan RKPD juga menjadi dasar penyusunan APBD.

"Dalam RKPD itu harus terlihat ada prioritas pembangunan di bidang infrastruktur untuk memperluas  konektifitas antar wilayah dan pertumbuhan ekonomi. Prioritas lainnya adalah penanganan masalah lingkungan, seperti antisipasi bencana banjir dan longsor," terangnya. (**)

Laporan: Galih

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos