Positif Corona, Keluarga Hingga Petugas Kesehatan akan Diperiksa Swab

img
Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana.

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Kesehatan Provinsi Lampung akan mengambil swab (cairan tenggorokan) terhadap orang-orang yang pernah berhubungan dengan pasien yang dinyatakan positif tertular Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kepala Dinkes Lampung mengatakan sudah melakukan tracking (pelacakan), terhadap siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan pasien laki-laki berusia 62 tahun itu.

"Saya punya kebijakan, siapa saja pasien dalam pengawasan (PDP) kita sudah melakukan tracking. Siapa yang bertemu dan itu sudah ada datanya," kata Reihana, Rabu (18-3-2020).

Karena itu, dia menyatakan siapa saja yang sudah pernah bertemu dengan pasien akan dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan. "Kita sudah ada datanya, tinggal melakukan pemeriksaan swab terhadap orang-orang yang ditemui oleh bapak ini," jelasnya.

Dia menuturkan pada 25 hingga 28 Februari, pasien laki-laki berusia 62 tahun itu menghadiri seminar di Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) di Hotel Aston Kota Bogor.

"Tanggal 29 Februari, pasien kembali ke Bandarlampung. Kemudian, mulai merasakan gejala pada 3 Maret 2020, berupa demam, batuk, makan minum mau, tapi susah menelan dan suhu 37 derajat celcius," jelasnya.

Kemudian, pasien memeriksakan kondisi tubuhnya di salah satu dokter praktek di Bandarlampung. Lalu, pasien juga melakukan pemeriksaan laboratorium di RS Advent Bandarlampung.

"Waktu itu dicurigai widal untuk tifoid. Selanjutnya, pasien periksa di Puskesmas Simpur juga pada 13 Maret. Keadaan tekanan darahnya masih normal," tuturnya.

Selain keluarga pasien, Dinkes juga akan melakukan pemeriksaan dan tracking terhadap dokter dan petugas kesehatan yang sudah didatanginya.

Dia berharap agar masyarakat tidak panik dan pasien yang positif corona bisa bertahan hingga kembali sehat. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos