Ribuan TKI akan Pulang, Aparat Desa Diminta Memantau

img
Kadis Tenaga Kerja Lamtim Budiyull Hartono (bermasker) dan Syahmin Saleh. Foto. Arif.

MOMENTUM, Sukadana--Ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Lampung Timur (Lamtim) dikabarkan akan pulang dari perantauan. Camat dan aparatur desa diminta memantau kedatangan mereka.

Kabar tentang akan pulangnya ribuan TKI itu dibenarkan Kepala dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Lamtim Budiyull Hartono saat dihubungi harianmomentum.com, Sabtu 28 Maret 2020.

"Ya benar, saya sudah mendapat infonya. Namun jumlahnya belum diketahui karena itu semua ilegal atau non-prosedural," ujar Budiyull.

Dia bersama Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Syahmin Saleh, mengaku sudah melakukan pertemuan dengan para camat yang ada di Lamtim dan meminta mereka melakukan pemantauan dan pendataan.

"Kami meminta para perangkat desa, kadus dan RT untuk melaporkan kepada camat jika ada warganya yang baru pulang dari perantauan supaya dilakukan penanganan Covid-19. Artinya harus lapor juga ke puskesmas untuk dilakukan pengecekan kesehatan serta berdiam diri di rumah selama 14 hari," kata Budiyull

Disebutkan, TKI asal Lamtim yang legal dan sudah pulang dari perantauan berjumlah 421 orang. Petugas sudah memantau kondisi dan keberadaan mereka.

"Periode 1 Januari sampai 17 Maret 2020, TKI legal atau resmi yang sudah pulang ke Lampung Timur berjumlah 421 dan sudah dilakukan pemantauan," katanya. (*).

Laporan: Arif Fahrudin.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos