Lomba Penulisan Opini untuk Wartawan dan Masyarakat Umum

img
Leaflet lomba menulis opini. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Mitra Bentala, lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang fokus pada advokasi lingkungan hidup di pesisir pantai, menantang para wartawan untuk menghasilkan karya terbaik dalam bentuk tulisan opini.

Tantangan melalui lomba penulisan opini itu juga berlaku untuk masyarakat umum. Temanya: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Covid-19. 

Direktur Mitra Bentala, Mashabi mengatakan kegiatan itu digelar bekerja sama dengan Stichting Nederlandse Vrijwilligers (SNV) Indonesia.

"Lomba ini bertujuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya PHBS dalam penanganan Covid-19," katanya kepada harianmomentum.com, Senin (15-6-2020).

Menurut dia, yang ingin dicapai dari kegiatan ini, melihat perspektif terkait PHBS dan Covid-19 dari jurnalis dan masyarakat umum dalam bentuk tulisan. Selanjutnya, menjadi gerakan bersama dalam penanganan pandemi covid-19. 

Lomba dimulai dengan pengiriman naskah pada 15-25 Juni 2020, seleksi naskah oleh tim juri pada tanggal 26-29 Juni 2020. Pemenangnya diumumkan pada 30 Juni 2020.

Untuk mengikuti perlombaan peserta harus mengunduh sendiri ke link http://tinyurl.com/opiniphbs yang isinya terkait biodata dan surat pernyataan bukan plagiat. Pengiriman naskah tulisan peserta dikirim langsung ke surel (surat elekttonik) [email protected]

Tim Juri yang terdiri dari Juwendra Asdiansyah dari duajurai.co dan Hendry Sihaholo (jurnalis) serta Rizani dari Mitra Bentala. Juri akan memilih pemenang terbaik I, Terbaik II, Terbaik III, Terbaik IV, Terbaik V dan Terbaik VI untuk masing-masing kategori jurnalis dan umum.

Panitia lomba telah mempersiapkan hadiah sebagai bentuk apresiasi bagi pemenang lomba berupa piagam penghargaan dan hadiah menarik lainnya berupa barang.  Para pemenang akan dihubungi langsung panitia pelaksana dan juga diumumkan di situs www.mitrabentala.org, dan, akun Twitter @SNVIndonesia.

Husnul Maad, Country Manager Program Voice For Change menyampaikan tujuan dari perlombaan itu untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya prilaku hidup sehat, seperti membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir menjadi rutinitas keseharian.

"Sedangkan yang melatarbelakangi perlombaan adalah mengangkat situasi kondisi global dengan merebaknya pademi covid-19," tambahnya.

Pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat dalam bentuk tulisan opini yang dapat dibaca oleh masyarakat umum sebagai informasi dan pengetahuan dalam konteks untuk merespon penanganan covid-19. (*).

Laporan: Rifat Arif.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos