Ketua PWI Lampung Minta Wartawan Tingkatkan Kompetensi

img
Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian bersama anggota dan pengurus PWI Lampung Timur. Foto. Ist.

MOMENTUM, Sukadana--Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung Supriyadi Alfian meminta seluruh anggota PWI agar meningkatkan kompetensinya.

"Peningkatan kapasitas seorang wartawan sangat penting karena dapat menunjang tugasnya di lapangan sekaligus meningkatkan kualitas karya jurnalisitiknya," ujar Supriyadi Alfian di Balai Wartawan PWI Lampung Timur, Senin (6-7-2020).

Selain itu, peningkatan kompetensi wartawan juga dapat memberikan nilai positif di masyarakat. "Seorang wartawan harus terus berlajar untuk meningkatkan kapasitas diri agar dapat mengikuti perkembangan di masyarakat," katanya.

Lebih dari itu, peningkatkan kapasitas wartawan akan berpengaruh terhadap kaulitas karya jurnalistik yang dihasilkan. Sehingga pada masa mendatang akan lahir karya-karya jurnalistik dari Lampung yang bermanfaat bagi masyarakat, katanya.

Karena itu, Supriyadi meminta para wartawan memanfaatkan peluang untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi jejang strata satu (S1) yang ditawarkan PWI Lampung bekerja sama dengan Universitas Bandar Lampung (UBL). Apalagi biaya kuliahnya lebih rendah 50 persen.

"Kami sudah melakukan MoU (kerjasama) dengan Universitas Bandar Lampung untuk memberikan bea siswa mengikuti pendidikan S1 bagi anggota PWI Lampung," katanya

Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Provinsi Lampung Wirahadi Kusuma mengaku prihatin jika ada wartawan yang mengatakan Uji Kompetensi Waratawan (UKW) itu tidak penting. Bahkan dari UKW itulah seorang wartawan bisa disebut kompeten.

"Kalau tidak dilakukan UKW maka citra profesi kita bisa tercoreng akibat ulah oknum yang tidak kompeten dalam menjalankan praktik kewartawanan," kata Wira. (*).

Laporan: Arif Fahrudin.

Editor: M Furqon.



Leave a Comment