Kamis, Pesawaran Rapid Test Covid-19 Massal di Pasar Gedongtataan

img
Kepala Seksi Surfielence dan Imunisasi Dinkes Pesawaran, Abdul Rozak. Foto. Rifat.

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesawaran akan melakukan rapid test massal di Pasar Gedongtataan, Kecamatan Gedongtataan, Pesawaran pada Kamis 16 Juli 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesawaran, Aila Karyus mengatakan rencana rapid test massal itu dilakukan menyusul surat edaran Dinkes Provinsi tertanggal 1 Juli 2020, rapid test dijadwalkan untuk 500 peserta.

"Rencananya (rapid test) dilakukan di pusat keramaian yang berpotensi menjadi claster penyeberan virus Corona, salah satunya pasar tradisional Gedongtataan," kata Aila kepada harianmomentum.com, Selasa (14-7-2020).

Untuk menggelar rapid test atau tes cepat tersebut, Dinkes melibatkan kurang lebih 50 tenaga madis bersama tim gugus tugas dan Dinkes Provinsi Lampung.

Sementara itu, Kepala Seksi Surfielence dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Pesawaran, Abdul Rozak mengatakan sekitar 500 alat rapid test sudah disediakan.

"Target peserta sekitar 500 orang, dari pedagang pasar, pembeli serta penduduk sekitar lokasi rapid test," jelas Rozak saat dijumpai di ruang kerjanya.

Sebelumnya, Dinkes setempat telah melakukan tes cepat untuk tenaga medis di 13 puskesmas serta satu rumah sakit umum daerah (RSUD). "Sebelumnya, kami lakukan rapid test yang melibatkan 1000 orang berasal dari tenaga medis puskesmas, dan tim gugus tugas," jelasnya.

Kondisi terkini, Pesawaran sudah masuk zona hijau dengan total pasien yang isolasi mandiri berjumlah tiga orang, satu OTG (orang tanpa gejala) dan dua ODP (Orang dalam pemantauan). "Sebelumnya, PDP 10 orang, ODP 82 orang serta OTG empat orang," katanya. (*)

Laporan: Rifat Arif

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos