Demonstrasi Tuntut Pilkada Bersih di Mapolres Pesawaran

img
Personel Polres Pesawaran menggelar simulasi pengendalian massa demonstrasi

MOMENTUM, Gedongtataan--Massa yang mengatasnamakan Masyarakat Peduli Pemilu melakukan aksi demonstrasi di halaman Markas Polres Pesawaran, Jumat (17-7-2020). Mereka berorasi menuntut pelaksanaan pemilihan umum kepada daerah (pilkada) berlangsung bersih, adil dan transparan.

Barikade puluhan personel kepolisian dilengkapi tameng, dan pelontar gas air mata, bersiaga menjaga jalanya aksi demonstrasi tersebut.

Setelah beberapa saat, suasan ricuh. Terjadi aksi saling doronga antara demonstran dan personel kepolisian yang berjaga. Namun, personel kepolisian berhasil membuarkan para demonstran.

Kejadian itu hanya bagian dari simulasi pengendalian massa yang digelar Polres Pesawaran sebagai persiapan pengamanan Pilkada Serentak bulan Desember mendatang.

Kasat Sabhara Polres Pesawaran Iptu. Elvis Yani mengagtakan, simulasi itu untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan personel dalam mengamankan pelaksanaan tahapan pilkada serentak.

“Daerah kita akan melaksanakan pesta demokrasi. Karena itu, kepolisian perlu mempersiapkan strategi pengamanan yang efektif. Termasuk mengatisipasi  kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga seluruh proses pelaksanaan pilkada dapat berjalan aman dan lancar," kata  Iptu.Elvis.    

Menurut dia, simulasi atau latihan serupa rutin digelar dengan melibatkan personel kepolisian dari kesatuan lain.

"Mudah-mudahan pilkada Kabupaten Pesawaran berjalan lancar, aman. Untuk itu perlu peran aktif dari seluruh elemen masyarakat menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif," harapnya.(**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos