TMMD ke 108, Kodim Tanggamus Gelar Penyuluhan Hukum

img
Penyuluhan hukum dalam kegiatan TMMD ke 108 yang digelar Kodim Tanggamus di Kabupaten Pringsewu

MOMENTUM, Pagelaran Utara--Program Tentar Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 108 yang dilaksanakan personel Kodim 0424/ Tanggamus di Kabupaten Pringsewu, tidak hanya sebatas kegiatan pembangunan fisik sarana infrastruktur desa.  

Program penyuluhan pada masyarakat terkait berbagai sektor pembangunan pun dilakukan. Salah satunya penyuluhan bidang hukum. Penyuluhan yang menghadirkan narasumber dari pihak kepolisian, kejaksaan, pemkab dan DPRD Pringsewu itu digelar di dua lokasi: Balai Pekon Waykunuir dan Gunungraya, Kecamatan Pagelaran Utara, Jumat (17-7-2020).

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0424 Tanggamus Kapten TNI.Adi Hartono mengatakan, penyuluhan tersebut bagian dari program TMMD ke 108.

"TMMD ini bukan hanya dilakukan dalam bentuk kegiatan fisik. Kita juga memberikan penyuluhan pada masyarakat tentang berbagai sektor pembangunan. Salah satunya di bidang hukum agar masyarakat mengerti dan paham pentingnya mematuhi arturan hukum yang berlaku," kata  Kapten TNI.Adi Hartono  mewakili Komandam Kodim 0424/Tanggamus Letkol Inf.Arman Aris Sallo. 

Hal senada disampaikan Saipudin perwakilan Kejaksaan Negeri Pringsewu yang menadi narasumber sosialisasi tersebut.

Menurut dia, masyarakat perlu memahami berbagai aturan hukum. Salah satunya tentang aturan dan sanski aksi Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) KDRT.

"Undang-Undang yang mengatur sanksi pelaku kekerasan dalam rumah tangga ini dibentuk untuk melindungi kaum perempuan, lelaki dan juga anak  dari aksi kekerasan dalam rumah tangga," terangnya.

Menurut dia, kunci mencegah terjadinya kekerasan dalam rumah tangga adalah sikap saling mengerti dan memahami dalam keluarga."Jika sama-sama saling memahami. maka aksi kekerasan dalam rumah tanggah bisa dihindari. Mudah-mudahan dengan sosialisasi ini, masyarakat lebih paham dan sadar mematuhi aturn hukum," harapnya. (**)

Laporan: Sulistiyo

Editor: Munizar







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos