Jumlah Hewan Kurban di Metro Diperkirakan Menurun

img
Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno

MOMENTUM, Metro--Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Metro menyebut, jumlah hewan kurban pada Idul Adha tahun ini mengalami penurunan. 

Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno mengatakan, penurunan jumlah hewan kurban tersebut lantaran pandemi covid-19.

"Kemungkinan untuk tahun ini jumlah hewan kurban akan berkurang karena pandemi covid-19 belum berakhir," kata dia pada Harianmomentum.com, Minggu (19-7-2020)

Dia menjelaskan, tahun lalu jumlah hewan kurban di Kota Metro mencapai 2.900 ekor: sapi sekitar 900 ekor dan kambing 2.000 ekor.

"Melihat kondisi saat ini, kami prediksi hewan kurban Idul Adha besok sekitar 751 ekor sapi dan kambing sekitar 1.800 ekor. Semoga penurunan jumlahnya tidak terlalu jauh," harapnya.

DKP3 juga, kata dia, akan membentuk tim khusus pada pelaksanaan penyembelihan hewan hurban di setiap wilayah.

"Sejak tiga hari sebelum hari H, kami akan lakukan pengawasan hewan kurban. Nanti kami akan bentuk tim yang bertujuan supaya hewan kurban yang akan dibagikan ke masyarakat sehat, bersih aman dikonsumsi," teramgnya.

Dia mengimbau panitia pemotongan hewan kurban di Kota Metro, agar menggunakan alat pelindung diri (APD).

"Intinya kita bersama-sama saling menjaga kesehatan, agar tidak terjadi penyebaran covid-19, saat proses pemotongan hingga pendistribusian daging hewan kurban ke masyarakat," imbaunya. (**)

Laporan: Adipati Opie

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos