TMMD Kodim Tanggamus, Pramuka Pringsewu Tanam Seribu Pohon

img
Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Pringsewu tanam seribu pohon pada program TMMD ke-108 Kodim 0424 Tanggamus. Foto. Lis.

MOMENTUM, Pagelaran Utara--Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Pringsewu ambil bagian dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0424 Tanggamus dengan menanam seribu bibit pohon.

Beragam jenis bibit tanaman keras dan buah-buahan seperti alpokat, petai, sengon dan ketapang ditanam di sekitar lapangan Pekon Gunungraya, di tepi halaman rumah warga, dan sekitar lereng perbukitan yang gundul.

Penghijauan yang dilakukan anggota pandu pada Jumat (17-7-2020), itu diawali dengan apel penyerahan bibit dari Dinas Lingkungan Hidup Pringsewu kepada Pasiter Kodim 0424 Tanggamus Kapten Inf. Adi Hartono.

Kemudian, ratusan bibit pohon diserahkan kepada Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pringsewu Gandung Hartadi, mewakili ketuanya, Fauzi, didampingi Waka VII Bidang Abdimas dan Penanggulangan Bencana A. Andoyo.

Adi Hartono menyambut baik partisipasi Pramuka Pringsewu dalam kegiatan TMMD ke-108  Kodim 0424 Tanggamus. "Terima kasih kepada Gerakan Pramuka Pringsewu yang turut peduli terhadap penghijauan," ucapnya

Dalam pelaksanaan penghijauan, para pandu berbaur dengan anggota TNI, Polri dan masyarakat. Mereka bergotong-royong menanam pohon penghijauan. 

Sementara Gandung Hartadi mengatakan penghijauan merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat. Hal itu sesuai dengan Tri Satya yakni ikut serta membangun masyarakat, dan Dasa Darma yakni cinta alam dan kasih sayang sesama manusia serta rela menolong dan tabah.

Gadung juga mengapresiasi kegiatan yang melibatkan anggota pramuka dari Pagelaran Utara, Pringsewu, Sukoharjo, Ambarawa dan Pardasuka.

"Ini merupakan bentuk pengabdian pada masyarakat mendukung kegiatan TMMD ke 108 Kodim 0424 Tanggamus," imbuh Gandung. 

Andoyo meminta kepada masyarakat merawat tanaman penghijauan dengan baik. "Nantinya jika sudah besar, pohon itu bisa dimanfaatkan kayunya atau buahnya," kata Andoyo. (*).Laporan: Sulistyo.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos