Lamtim Optimistis Produksi Jagung Meningkat

img
Bupati Lamtim Zaiful Bokhri dan anggota DPRD Lamtim dari Fraksi Golkar Sudibyo panen raya jagung di di Desa Kibang Kecamatan Metrokibang,

MOMENTUM, Metrokibang--Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) optimistis produksi jagung tahun ini meningkat dari tahun lalu (2019) yang hanya 963,909 ton. 

"Tahun ini, kami optimis produksi jagung meningkat," kata Bupati Lamtim Zaiful Bokhari saat poanden raya jagung di Desa Kibang Kecamatan Metrokibang, Selasa (21-7-2020).

Menurut Zaiful, potensi komiditi tanaman jagung di kabupaten setempat cukup bagus. "Saat ini, produktivitas jagung di Lampung Timur mencapai 5,6 ton per hektar dengan luas  areal tanam  mencapai 170.020 hektare," terangnya. 

Bukan hanya peningkatan produksi, stabilitas harga jual jagung di tingkat petani juga menjadi perhatian serius Pemkab Lamtim.

"Saat ini, petani mengeluhkan rendahnya harga hasil panen jagung  yang hanya  Rp3 ribu per kiligram. Karena itu, pemkab terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan harga jual jagung," ungkapnya. 

Selain itu, lanjut dia, pemkab juga  terus berupaya meningkatkan kesejahteraan petani, antara lain,  menjalin koordinasi dengan perbankan untuk membantu permodalan petani. Kemudian, pemkab juga akan mengupayakan penyaluran bantuan benih dan pupuk.

"Semua upaya yang kita lakukan merupakan wujud komitmen kehadiran pemerintah membantu masyarakat, khususnya petani," terangnya.

Turut hadir pada panen raya tersebut anggota Fraksi Golkar DPRD Lamtim Sudibyo,  sekretaris Dinas Pertanian Siti Maida Suri, Camat Metrokibang Edi Harnowo. (**)

Laporang: Arif Fahrudin

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos