Polres Lamtim Gelar Simulasi Pengamanan Unjukrasa

img
Simulasi pengamanan unjuk rasa di Mapolres Lamtim. Foto. Rif.

MOMENTUM, Sukadana--Polres Lampung Timur (Lamtim) melakukan simulasi pengamanan aksi unjukrasa untuk pengamanan pemililihan kepada daerah (pilkada) yang berlangsung pada tahun ini.

Simulasi yang berlangsung di halaman Mapolres Lamtim di Sukadana, Selasa (28-7-2020), itu dihadiri Direktur Samapta Polda Lampung Kombes Pol Bambang Ponco Sutiarso.

Simulasi diawali dengan kesiapan personil Sabhara mengamankan aksi unjukrasa warga yang menuntut hak atas tanah yang dikuasi salah satu perusahaan. Pada pengamanan itu, personil mencoba melakukan negoisasi agar aksi dilakukan secara damai.

Namun, masa yang tidak bersedia negoisasi dan bertindak anarkis. Polres Lamtim kemudian menurunkan personil untuk melakukan penebalan pasukan. Karena masa semakin tak terkendali, Polres Lamtim menyiram masa dengan water canon. 

Tapi masa tetap berusaha menembus barikade petugas. Akhirnya, Polres Lamtim menurunkan tim Samapta lanjutan dan melepaskan tembakan peringatan. 

Karena masa semakin beringas, petugas melepaskan tembakan dengan peluru karet. Melihat ketegasan petugas, masa langsung membubarkan diri.

Kombes Bambang Ponco Sutiarso menjelaskan, simulasi itu merupakan rangkaian perlombaan Samapta di jajaran Polda Lampung.  Menurutnya, lomba ini juga dalam rangka persiapan pengamanan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 2020.

"Pengamatan kami, simulai yang digelar Polres Lamtim bagus. Personilnya terlihat siap, kompak dan solid," jelas Bambang didampingi Kapolres Lamtim AKBP Wawan Setiawan. 

Karena itu, Bambang optimistis personil Polres Lamtim telah siap mengamankan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati, 9 Desember 2020 mendatang.

Sementara Wawan menjelaskan, meski tidak untuk kegiatam perlombaan, jajarannya rutin menggelar latihan pengamanan aksi unjukrasa. Hal itu, untuk mengantisipasi terjadinya kontijensi atau aksi unjukrasa yang tak terkendali, terlebih dalam waktu dekat berlangsung pilkada di Lamtim.

"Dengan adanya persiapan sejak awal, maka saat dibutuhkan personil benar-benar sudah siap," terang Wawan. (*)

Laporan: Arif Fahrudin.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos