Nanang dan Sudin Panen Melon di Kebun Edukasi Rumdis Bupati

img
Bupati Lamsel Nanang Ermanto dan Ketua Komisi IV DPR RI Sudin panen melon di kebun edukasi rumah dinas bupati setempat

MOMENTUM, Kalianda--Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto bersama Ketua Komisi IV DPR RI Sudin melakukan panen perdana buah melon di kebun edukasi, komples rumah dinas bupati setempat, Senin (10-8-2020).

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Lamsel Bibit Purwanto, kualtis buah melon yang ditanama pada dua bulan terakhir itu, cukup memuaskan.

"Kita tanam melon ini pada 10 Juni lalu. Sekarang sudah bisa dipanen. Rata-rata buah melon yangt dipanen ini beratnya mencapai lima kilogram," kata Bibit Purwanto.

Menurut dia, hasil panen melon itu akan dipasarkan oleh para pedagang  yang telah bekerja sama dengan pihak pemerintah daerah. dengan harga  Rp10 ribu hingga Rp15 ribu perkilogram.

"Kita sudah kerja sama dengan pedagang. Supaya bisa didistribusikan ke Pulau Jawa atau ke supermarket. Bisa juga dijual disini saja. Harganya memang jauh berbeda untuk dikirim ke sana. Kalau harga lokal di sini, harga pasarannya kan antara Rp12 sampai Rp15 ribu per kilogram," terangnya.

Dia menjelaskan, melon yang b dipanen itu, terdiri dari enam jenis yang  secara umum, dikenal dengan jenis melon net dan golden melon.

Selain ditanami buah melon, di kebun edukasi tersebut juga terdapat tanaman lainnya: semangka, cabai, tomat dan jenis tanaman obat.

“Memang lahan ini kita manfaatkan dalam situasi pandemi. Harapannya dapat menjadi contoh bagi masyarakat Lampung Selatan untuk membanguan ketahanan pangan keluarga,” jelasnya.

Hal senda disampaikan Bupati Lamsel Nanang Ermanto. Menurut dia, kebun edukasi tersebut sengaja dibentuk sebagai contoh bagi masyarakat untuk memanfaatkan perakaran rumah sebagai sarana ketahanan pangan keluarga.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengapresiasi upaya Pemkab Lamsel dalam membanguan ketahan pangan masyarakat di tengah sistuasi pandemi covid-19. Dia berharap, program kebun edukasi itu dapat segara diterapkan pada masyarakat di kabupaten setempat. (**)

Laporan: Alpandi

Editor: Munizar







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos